Pemprov Sumsel Matangkan Persiapan Piala Dunia U-20

H. Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemprov Sumsel komitmen untuk menyukseskan perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Terlebih, Sumsel khususnya stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, telah ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah perhelatan akbar sepakbola dunia tersebut.

Gubernur Sumsel H Herman Deru, melalui Asisten I Setda Provinsi Sumsel Akhmad Najib mengatakan, stadion GSJ memiliki keunggulan tersendiri dalam menyukseskan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Dimana selain berpengalaman dalam perhelatan olahraga internasional, GSJ berada satu komplek dengan venue-venue pendukung serta memiliki sarana dan prasarana lengkap.

“Venue kita berada dalam satu komplek, sarana dan prasarana juga lengkap. Akses para atlet dapat lebih menuju stadion juga dekat. Apalagi kita juga didukung dengan transportasi yang memadai,” kata Najib disela Rapat Rencana Penggunaan Stadion Fifa World Cup U-20 Tahun 2021 bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui virtual, Senin (06/07/2020).

Menurutnya, saat ini percepatan persiapan stadion utama dan venue pendukung dilakukan. Termasuk juga melakukan renovasi ringan di stadion GSJ dan stadion pendukung Bumi Sriwijaya.

“Ini memang komitmen dari Pak Gubernur Herman Deru. Saat melakukan pertemuan dengan Ketua PSSI, Pak Gubernur memang telah komitmen. Untuk renovasi yang tidaj tercover dari Kementerian, kita siapkan anggaran dari APBD untuk perbaikan ringan. Selama ini stadion GSJ maupun venue memang terus kita lakukan perawatan berkala,” tuturnya.

Diketahui, Piala Dunia U-20 tahun 2021 pelaksanaannya kurang dari satu tahun lagi. Dimana ssebelumnya Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA telah memastikan jadwal Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 24 Mei hingga 12 Juni 2021 mendatang.

Sementara Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengapresiasi persiapan dilakukan di stadion GSJ jelang Piala Dunia U-20. “Sejauh ini kami melihat cukup baik. Apalagi Sumsel memiliki pengalaman sukses di event olahraga internasional,” kata Gatot.

Hanya saja, menurutnya, mengingat waktu gelaran Piala Dunia U-20 kurang dari satu tahun diharapkan progres persiapannya rampung satu bulan sebelum pelaksanaannya. “Kita rencanakan satu bulan sebelum pelaksanaan sudah siap,” pungkasnya. (nov/bar)