Launching Pilkada OKU Timur Abaikan Protokol Kesehatan

Baliho besar di lokasi launching yang memperlihatkan komisioner KPU OKU Timur mengabadikan protokol kesehatan tanpa masker dan jaga jarak

Hastag #KPULawanCovid19 Disoal

MARTAPURA, PALPOS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) melaunching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 secara virtual.

Launching dilaksanakan di balai rakyat kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur, Senin (7/7) siang, dengan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Namun sayangnya pelaksanaan launching Pilkada Kabupaten OKU Timur tersebut kurang menerapkan protokol kesehatan. Terlihat peserta dan undangan yang hadir duduk rapat tanpa menggunakan masker.

Padahal KPU OKU Timur dalam acara itu mengusung hastag #KPULawanCovid19. Bahkan baliho besar yang terpasang di lokasi launching terlihat seluruh komisioner dan sekretaris KPU OKU Timur berdiri rapat tanpa satupun menggunakan masker.

Sementara terlihat jelas dalam baliho tersebut tertulis “Jaga Kesehatan, Gunakan Masker, Cuci Tangan dan Jaga Jarak”.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya dalam sambutannya, berulang kali mengatakan pihaknya siap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada. Ketika dikonfirmasi terkait baliho, Herman Jaya mengatakan kalau itu cuma gambar saja.

Sementara untuk undangan dan peserta yang tidak menerapkan sosial distancing, pihaknya sudah menghimbau. “Itu hanya gambar saja,” kilahnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, masyarakat OKU Timur sudah dewasa dalam pesta demokrasi, baik pemilihan kepada desa, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, maupun Pemilihan Gubernur, Pileg maupun Pilpres.

“Selain itu, tingkat partisipasi OKU Timur selalu tinggi dalam setiap Pilkada,” ujar Kholid.

Sedangkan Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM menambahkan, OKU Timur pernah mencatat sejarah terbaik di Indonesia dengan pemilihan suara tertinggi dan partisipasi pemilih tertinggi pada Pilkada Tahun 2010.

“Harapan kita prestasi partisipasi pemilih tertinggi ini bisa terulang lagi di OKU Timur,” ucapnya. (*)