Tahun Ajaran Baru Belum Dipastikan Tatap Muka

H. Ahmad Zulinto, Kadisdik Kota Palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang belum bisa memastikan tanggal 13 Juli 2020 nanti siswa belajar bertatap muka secara langsung. Itu karena mengingat jumlah kasus positif virus corona (covid-19) di Sumatera Selatan (Sumsel), sudah mencapai angka 2.356 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan tanggal 13 Juli yang tertulis dalam kalender akademik tahun ajaran 2020/2021 itu adalah dimulainya jadwal KBM. Sementara mengenai dibukanya kembali gedung sekolah di tengah penyebaran virus corona Covid-19, masih menunggu perkembangan penanganannya.

“Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada permulaan tahun pelajaran baru tersebut bukan merupakan pembukaan kembali sekolah. Pembukaan Sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kadisdik Kota Palembang H Ahmad Zulinto SPd MM, Selasa (07/07/2020).

Selain itu, jadwal KBM ini disebutnya, masih bisa berubah karena virus corona terus menyebar di kota pempek ini, bahkan pada tanggal 2 Juli kemarin Palembang kembali ditetapkan sebagai zona merah. “Perubahan Awal Tahun Pelajaran Baru dapat dilakukan apabila Palembang sudah bebas dari zona merah mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir,” jelasnya.

Proses KBM yang dilakukan pada 13 Juli ini disebutnya belum bisa ditentukan apakah siswa  belajar dari rumah atau jarak jauh atau dapat belajar secara tatap muka dengan memperhatikan protokol covid-19. Ia meminta agar publik khususnya orang tua murid tak menyalahartikannya. (uci)