TPA Desa Bendi Terancam Over Kapasitas Sampah

Mobil sampah yang beroperasi diwilayah Kecamatan Muaradua untuk diangkut menuju ke TPA Desa Bendi, Selasa (07/07/2020). Foto kriss/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Pemkab OKU Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) perharinya mengoperasionalkan sedikitnya 10 mobil truk pengangkutan sampah yang beroperasional di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Muaradua, Buay Sandang Aji (BSA) dan Kecamatan Simpang Martapura.

Untuk masing-masing mobil seharinya mengangkut 6 kubik sampah dan jika dikalkulasikan maka untuk 10 mobil itu menjadi 60 Kubikasi. Jika setiap pengangkutan masing-masing mobil yang bermuatan sampah dipadatkan maka 10 mobil itu dikalkulasikan menjadi 60 Ton.

Sedangkan kapasitas muatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Bendi Kecamatan Buay Rawan, dalam perbulan hanya mencapai 1.800 Ton. Sementara sampah yang masuk dalam perhari mencapai 60 Ton. Jadi kalau TPA tidak diatasi maka menjadi Over Kapasitas.

Kepala DLH OKU Selatan, Umar Safari SST, melalui Kabid Pengelolaan Persampahan dan Limbah, Gatot ST, didampingi Kasi Pengelolaan Persampahan dan Limbah, Irvan Verlevi SE, Selasa (07/07/2020), mengaku pihaknya akan mengatasi over kapasitas dengan menggali lubang dan menggusur di bagian belakang. ‘’Jika TPA terlihat numpuk atau penuh, maka kami lakukan penggusuran dengan alat berat dengan memasukan sampah ke lubang tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, jelasnya setiap 20 Hari sekali pihaknya juga lakukan penggusuran secara berkala jika sampah sudah terlihat atau mengalami penuh. Kalau tidak dilakukan penggusuran secara rutin maka akan mengakibatkan sampah meluber ke jalan.

Namun, yang pasti, terangnya walaupun kondisi TPA Bendi sudah over kapasitas namun tetap di tanggulangi agar pembuangan sampah dari masyarakat tetap teratasi, terutama mobil yang beroperasi setiap hari.

“Mobil setiap hari operasi mengambil sampah di rumah-rumah warga, jadi setiap hari pula melakukan pembuangan di TPA Bendi, maka dari itu kami selalu melakukan penggusuran agar sampah tetap dapat masuk ke lokasi,” pungkasnya. (tian)