Wujudkan Desa Maju dan Mandiri, Enos: Jalan Poros Desa Harus Bagus

Enos selalu mendapat sambutan hangat masyarakat setiap berkunjung ke desa-desa di OKU Timur

OKUTIMUR, PALPOS.ID – Guna mewujudkan salah satu misi besarnya untuk menciptakan desa maju dan mandiri, bakal calon Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H. Lanosin, menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur sebagai prioritas dalam pembangunan, khususnya infrastruktur penunjang pembangunan ekonomi di kawasan pedesaan.

“Membangun dan memperbaiki infrastruktur bagian dari program pembangunan ekonomi. Kita harus bangun poros jalan desa. Tujuannya untuk memudahkan dan mempercepat akses masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian,” kata pria yang akrab disapa Enos, di kawasan Belitang, Selasa (07/07).

Ia menjelaskan, perbaikan dan pembangunan jalan poros desa merupakan bagian dari salah satu program unggulannya, yaitu mewujudkan sektor perekonomian yang maju berbasis ekonomi kerakyatan, membangun infrastruktur sampai ke pedesaan, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), mendatangkan investor dan menghadirkan industri hilir serta mendorong terserapnya tenaga kerja lokal.

“Pembangunan infrastruktur jangan sampai terpusat di kota saja. Akan tetapi desa sebagai sentral produksi pangan juga harus diperhatikan. Jadi rusaknya jalan di desa-desa akan berdampak terhadap lambatnya distribusi hasil tani atau sektor lainnya,” ungkap Enos.

Karena itu, ia menegaskan, ke depan jika dirinya diamanahi sebagai Bupati OKU Timur, akan segera mengeksekuai program prioritas, salah satunya yaini perbaikan infrastruktur jalan desa.

“Pembangunan desa harus menjadi program prioritas, karena daerah bisa dikategorikam maju salah satu indikatornya adalah kemajuan desanya. Maju dalam segala sektor termasuk infrastruktur, kesejahteraan dan kemandirian warganya,” tegas Enos.

Selain itu, adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) ini menambahkan, sekarang ini semestinya sudah tidak saatnya lagi ada jalan rusak. Karena selain adanya anggaran di APBD daerah, pemerintah daerah bisa berkordinasi dengan permerintah provinsi jika jalan tersebut berstatus jalan provinsi. Atau jika jalan tersebut berada di perkampungan desa, maka ada dana desa yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur di desa.

Sebagaimana diketahui, beberapa jalan di Kabupaten OKU Timur ada yang mengalami kerusakan, seperti yang terlihat di jalan poros antara BK 16 sampai perbatasan Ogan Komering Ilir, jalan kawasan Desa Nusa Bakti menuju Desa tri karya Kecamatan Belitang III dan jalan Desa Trimoharjo menuju Desa Mujorahayu Kecamatam Semendawai suku III.

Menurut informasi dari warga setempat, Abdul Hasan (51) warga Kecamatan Belitang menyebut, bahwa kerusakan jalan tersebut diduga karena tidak kuatnya struktur bangunan, sehingga jika terkena hujan deras dan mobil truk muatan berat yang melintas gampang pecah dan rusak.

“Ini sangat menggangu aktivitas warga, apalagi jalan tersebut merupakan akses utama untuk perekonomian warga,” kata Hasan, kepada media di Belitang, secara tepisah, (07/07).

Ia pun mengapresiasi gagasan Enos untuk ciptakan desa maju dan mandiri. Karena, dengan pembangunan infrastruktur yang bagus dan layak akan memberi dampak positif bagi roda perekonomian warga.

“Hampir rata-rata warga di sini mayoritas adalah sebagai petani dan mereka membutuhkan akses jalan yang memadai,” pungkasnya. (*/inforial)