Tuan Rumah Piala U-20, Provinsi Sumsel Banjir Dukungan

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Ketua PSSI Mochammad Iriawan alias Iwan Bule, saat meninjau stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) beberapa waktu yang lalu. Foto: humas pemprov sumsel/dok

Mulai Anggota DPR RI hingga Mantan Pelatih SFC

PALEMBANG, PALPOS.ID – Terpilihnya Provinsi Sumsel untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, nyatanya menjadi sorotan dari berbagai elemen masyarakat.

Mulai dari anggota DPR RI hingga Pelatih Kiper Sriwijaya FC turut serta memberikan dukungan untuk FIFA World Cup berlaga di Stadion Jakabaring Sport City (JSC).

Jakabaring jadi salahsatu dari enam stadion direkomendasikan PSSI sebagai tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Rentetan panjang sejarah Jakabaring Sport City menggelar event olahraga nasional hingga international, membuat Provinsi Sumsel optimis dan percaya diri Piala dunia 2021 berlangsung sukses di Bumi Sriwijaya.

Dikutip dari Antaranews.com, Rahmad ‘RD’ Darmawan, pelatih yang membawa Sriwijaya FC juara Liga Indonesia musim 2007-2008, merasa yakin Pemerintah Daerah Palembang tidak akan kesulitan menggelar Piala Dunia U-20 tahun 2021.

“Mereka memiliki sumber daya manusia yang berpengalaman menggelar acara-acara internasional. Kemudian, secara kualitas, ‘venue’ di Palembang juga sangat mumpuni. Jadi saya yakin tidak ada kendala,” ujar Rahmad Darmawan ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin (06/07/2020).

Stadion berkapasitas hingga 45.000 penonton tersebut sangat sering menggelar kejuaraan sepakbola internasional, baik di turnamen tunggal maupun multicabang antara lain pernah berlangsung kompetisi Piala Asia AFC, Piala AFF, Asian Games, SEA Games, Islamic Solidarity Games, ASEAN University Games dan lain-lain.

Menurut pelatih yang membawa Sriwijaya FC tiga kali juara Piala Indonesia tersebut, dilaksanakannya agenda-agenda tersebut juga membuat masyarakat Palembang terbiasa dengan atmosfer perhelatan internasional.

Dari pengalaman, masyarakat selalu memberikan dukungan maksimal kepada pemerintah daerah setempat dengan berbagai cara. Mulai dari berlaku ramah kepada atlet dan penonton dari luar negeri hingga datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan kepada olahragawan Indonesia.

Sementara anggota DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, dia dan rekan-rekannya yang berasal dari daerah pemilihan Sumatera Selatan siap mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 di Palembang.

“Kami siap mendukung Gubernur Sumsel dalam upaya menyukseskan event tersebut,” ujar Bobby, yang duduk di DPR dari daerah pemilihan Sumatera Selatan II, kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (07/07/2020).

Dilain pihak, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, Pemprov dan masyarakat Sumsel serius mempersiapkan diri menjadi tuan penyelenggara Piala Dunia U-20. Ditambah pengalaman sebagai tuan rumah berbagai event bertaraf internasional, Ia yakin Sumsel dapat menjadi tuan rumah yang baik serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Sejak awal kedatangan, tim inspeksi sebenarnya sudah melihat langsung kesiapan stadion yang kita miliki. Termasuk kesiapan stadion pendukung seperti Stadion Bumi Sriwijaya. Kita sangat siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 ini, secepatnya semua fasilitas yang dibutuhkan kita siapkan,” ujar HD.

Gubernur HD berharap kebijakan FIFA terkait 4 Wilayah yang terpilih ini termasuk Sumsel, dikarenakan satu-satunya mewakilkan Pulau Sumatera.

“Harapan kita kebijakan FIFA tetap 6 wilayah ini. Jikapun dijadikan 4 wilayah, ya Sumsel tetap masuk, karena Sumsel ini mewakili luar Jawa. Dalam kesiapan-kesiapannya kita selalu berbenah, selain memelihara, kita akan upgrade dan kita siapkan kelengkapan-kelengkapannya,” terang HD. (nov/bar)