Insentif Tenaga Medis Masih Proses Administrasi 

Tenaga medis yang menangani pasien covid-19, Kamis (23/07/2020). Foto: istimewa

PAGARALAM, PALPOS.ID – Tenaga medis yang menangani pandemi Covid-19 di RSD Besemah hingga kini belum menerima insentif yang dijanjikan Pemerintah Pusat. Padahal sudah terdapat pasien positif corona yang mendapat perawatan.

Direktur RSD Besemah, dr Dian Netha Inggriany membenarkan hal ini. Insentif bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 belum diterima. Keterlambatan dikarenakan masih menunggu proses administrasi.

“Insentif memang sampai saat ini belum diterima, masih menunggu proses. Selain itu, ada peraturan dari Pusat berubah-ubah. Kami saat ini tengah melengkapi persyaratan administrasi, salahsatunya pengumpulkan NPWP para tenaga medis penerima insentif tersebut,” paparnya, Kamis (23/07/2020).

Ditanya berapa jumlah tenaga medis yang bakal menerima insentif, Dian belum mengetahui secara rinci jumlah yang diajukan. Dikatakannya, sejumlah tenaga medis bakal menerima diantaranya perawat, dokter spesialis dan tenaga penunjang kesehatan lainnya.

“Untuk pencairan insentif bisa diterima para tenaga medis, kami belum bisa memastikan karena ini kebijakan Pusat. Terpenting kami sudah mengajukan sejumlah persyaratan administrasi yang diperlukan,” katanya.

Ditambahkan dr Dian, selama pandemi corona saat ini diharapkan kepada pasien atau warga yang akan berobat baik di RSD Besemah, klinik maupun di pelayanan kesehatan lainnya diharapkan jujur memberikan keterangan sebenar-benarnya terkait riwayat perjalanan pasien, riwayat sakit apa dan keluhan, guna menghindari para tenaga medis terpapar virus corona karena kontak pasien yang diduga terjangkit corona.

“Menghadapi pandemi corona, tenaga medis dinilai sangat rawan terpapar virus corona, karena kontak langsung dengan pasien saat menjalani perawatan,” pungkasnya. (faj)