Persiapan Pilkada Serentak, Bawaslu Gelar Rakor Sentra Gakkumdu

Rakor Gakkumdu yang digelar Bawaslu Muratara untuk pelaksanaan Pilkada serentak, Senin (27/07/2020). Foto: alam/Palpos.ID

MURATARA, PALPOS.ID – Dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak di Kabuaten Muratara, Bawaslu Muratara menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Kegiatan diselenggarakan di Hotel Dwinda Lubuklinggau yang dihadiri Ketua Bawaslu Muratara Munawir, Kasatreskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad Hidayat, Kasi Pidum Kejari Lubuklinggau Faiq Nur Fiqri Sofa, Senin (27/07/2020).

Ketua Bawaslu Muratara Munawir mengatakan, Pembentukan Sentra Gakkumdu ini, untuk menangani tindak pidana pemilu sebagai implementasi amanat UU peraturan bersama. Inti keberhasilan sentra Gakumdu adalah kekompakan.

Kemudian, lanjutnya, situasi gakkumdu bulan Maret dan April dibekukan, dilanjutkan bulan Juni 2020. “Kita membentuk Gakkumdu, dengan adanya pelenggaran pemilu nanti bisa diproses,” katanya.

Dijelaskannya, ada tiga Kabupaten/Kota yang sudah masuk potensi pemilu karena ada calon perseorangan. Kemudian setiap pemilu anak-anak dan Aparatur Sipil Negara (ASN) rawan terlibat pemilu. “Saya menyambut baik dan mengharapkan kinerja Gakkumdu dapat bekerja secara maksimal dan profesional dalam proses tindak lanjut pemilu,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Muratara melalui Kasatreskrim AKP Dedi Rahmad Hidayat menyampaikan, dari unsur kepolisian dari awal telah mempersiapkan diri jelang pelaksanaan Pilkada khususnya penindakan dalam pelanggaran Pilkada bilamana ditemukan unsur pidananya. “Kita dari Polres Muratara sudah membentuk tim cyber untuk mengantisipasi potensi gangguan pilkada 2020,” ujarnya.

Lanjutnya pihaknya juga telah memonitor dan patroli Syber dunia maya terkait postingan yang sifatnya mengandung ujaran kebencian, sara dan lain sebagainya. “Mari bersama sama kita setra Gakkumdu saling berkoordinasi sehingga tugas kita semakin ringan,” ajaknya.

Ditempat yang sama, Kasi Pidum Kejari Lubuklinggau Faiq Nur Fiqri Sofa dalam sambutannya mengatakan, Persiapan Gakkumdu pada unsur Kejaksaan pada Pilkada Muratara sudah dipersiapkan sejak lama.

“Kejaksaan bersedia melakukan koordinasi setiap ada laporan dugaan tindak pidana pemilu namun diberitahu sejak dini mengingat jarak dari Lubuklinggau ke Muratara. Kemudian untuk persamaan persepsi yang melaksanakan expise/rilis dari perkara yang ditangani dari Komisioner Bawaslu,” katanya. (rat)