Bantuan Segera Cair, Pemkab OKI Validasi Data UMKM

H Iskandar SE, Bupati Kabupaten OKI. Foto: istimewa/net

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Para pengusaha yang masuk dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten OKI dan terdampak pandemi covid-19, akan dibantu Pemkab OKI.

Bupati OKI H Iskandar SE mengatakan, saat ini Pemkab OKI melalui instansi terkait sedang mengupdate data UMKM di Kabupaten OKI. Karena secara masiv dilakukan selama ini diberikan reward yang nantinya digunakan untuk  membantu para UMKM dan pedagang kecil yang berdampak.

“Pemkab OKI terus berupaya membantu setiap lapisan masyarakat terdampak Covid-19, dan seperti baru-baru ini akan membantu UMKM yang sekarang sedang didata,” terangnya.

Menurut Iskandar, keterbatasan anggaran dimiliki membuat pemkab harus melakukan selektif dan cermat, yang akan menerima bantuan sesuai kriteria ditentukan pemerintah.

“Kami berharap hal ini membantu memulihkan ekonomi para UMKM agar kembali bangkit. Karena tidak tahu kapan bencana Covid-19 ini berakhir, saat ini terdata ada sekitar 8 ribu UMKM di OKI,” ungkapnya.

Kepala Diskop UKM dan Perindustrian OKI, Herliansyah Hilalludin STTP MSi mengatakan, pihaknya sudah menerima data dari 18 kecamatan di Kabupaten OKI, dan saat ini sedang dilakukan validasi data serta direncanakan bulan ini akan disalurkan.

“Jadi kita hanya menerima data dari pemerintah desa. Artinya usulan dari pemerintah desa dilengkapi dengan sejumlah persyaratan seperti KTP, KK, surat keterangan usaha, buku tabungan Bank BRI,” ujarnya.

Menurut Herly, jumlah data yang divalidasi sudah lebih dari 8.000 UMKM dan sekarang masih dalam proses. Selanjutnya data yang dinyatakan mencukupi syarat akan dimasukan dalam daftar penerima bantuan yang akan dituangkan dalam SK bupati.

“Penerima bantuan permodalan diberikan hanya satu kali kegiatan, penerimanya sesuai dalam daftar SK bupati. Untuk jumlah pastinya kita belum tahu, karena sekarang sedang dilakukan validasi,” jelasnya.

Bagi para pemilik UMKM yang dinyatakan layak untuk menerima bantuan permodalan, selanjutnya dana dikirim melalui rekening BRI. Untuk penyaluran bantuan akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati OKI yang dilanjutkan dengan penyaluran kepada seluruh penerima. “Kita sengaja pilih BRI karena jangkauan lebih luas sampai di 18 kecamatan. Jika selesai akan segera kita salurkan,” tambahnya. (nur)