Kawanan Pencuri di Ruko Kosong Nyaris Diamuk Warga

Satu dari empat pelaku pencurian diserahkan warga ke Polrestabes Palembang, Senin (3/8)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Satu dari empat pelaku bobol ruko kosong bekas toko buku di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan 18 Ilr, Kecamatan Ilir Timur I Palembang, ditangkap dan nyaris diamuk warga sebelum diserahkan ke pihak Polrestabes Palembang.

Pelaku dimaksud, Hayadi (34) warga Lorong Sekolah, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang. Penjaga malam dan juru parkir di kawasan International Plaza ini, diamankan Minggu (2/8), sekitar pukul 20.30 WIB, saat beraksi bersama ketiga rekannya.

Kepada polisi yang mengintrogasinya, tersangka Hayadi mengaku hanya iseng melakukan pencurian bersama ketiga temannya yang masih buron.  “Iseng bae aku melakukannya,” ucapnya, Senin (3/8).

Dalam aksinya, para pelaku berhasil menggasak satu unit AC dan beberapa meter kabel. “Kabelnya aku jual di tempat penampungan barang bekas dan dapat uang Rp70 ribu,” katanya.

Dalam laporannya, Suhardiman  (53), warga Dusun III, Desa Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI mengatakan, awalnya dia mendengar suara yang cukup keras dari ruko miliknya dan melapor kepada Ketua RT setempat.

“Lalu Ketua RT dan warga berkumpul untuk mencari tahu apa yang terjadi, tiba-tiba pelaku muncul dari depan ruko dengan membawa barang hasil curian, dan langsung diamankan warga. Menurut pengakuannya, dia mencuri bersama tiga temannya, tapi sudah lebih dahulu keluar dan kabur,” jelasnya.

Sementara, Kasubag Humas Polrestabes Palembang, Iptu Marwan, membenarkan adanya satu pelaku pencurian yang diserahkan warga ke Polrestabes Palembang.

“Pelaku diserahkan korban dan warga. Korban langsung membuat laporan di SPKT Polrestabes Palembang,” katanya. (sro)