Tak Dapat Berinovasi, Pejabat Bakal Diganti

Elman ST MM, Sekda Kota Prabumulih. Foto: istimewa

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Sekda Kota Prabumulih, Elman ST MM mengingatkan kepada seluruh kepala OPD alias kepala dinas dan badan serta pejabat esselon III dan IV dilingkungan Pemkot Prabumulih jangan hanya duduk diam saja.

Para pejabat tersebut, dituntut untuk dapat berinovasi mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat. Karena untuk membangun kota Prabumulih, tidak cukup hanya mengandalkan APBD Kota Prabumulih saja.

“Kepala dinas harus melihat link-link di pusat, harus disikapi karena kalau berpola dana DAK hanya seperti itu-itu saja. Jadi seluruh dinas harus bisa berinovasi, tidak jamannya lagi kita kepala dinas termasuk sekda, staf ahli, asisten hanya petantang petenteng. Kita harus bekerja yang mempunyai kebijakan itu walikota dan wakil walikota,” ujar Elman, kepada wartawan, Senin (03/08/2020).

Dikatakan Elman, supaya dapat berinovasi secara ptimal kepala dinas harus dapat memberdayakan kepala bidang, kasi maupun staf yang ada di kantor. “Struktur itu harus diberdayakan seluruhnya, semakin banyak yang bisa akan lebih mudah dan tidak hanya terpaku di kepala dinas saja,” ungkapnya.

Masih kata Elman, apabila kepala dinas dan pejabat lainnya dinilai tidak dapat berinovasi dan mencapai target yang telah ditetapkan maka pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap pejabat tersebut. “Kita evaluasi, termasuk nanti mungkin penggantian (mutasi) atau ada stresing lainnya macam-macamlah,” kata Sekda.

Disinggung ada tidak pejabat yang kinerjanya belum optimal, Elman menuturkan, sejauh ini kinerja seluruh kepala dinas sudah sangat baik. “Kita akui itu, tapi tingkatkan lagi karena kondisi saat ini (pandemi covid) banyak keterbatasan karena itu harus bisa berinovasi dan jangan terlena,” ucapnya.

Lebih lanjut mantan Kepala Bappeda Kota Prabumulih ini menuturkan, pejabat wajib membaca RPJM (Rencana pembangunan jangka menengah). Karena didalam RPJM itulah terdapat tolak ukur dan indikator yang harus dicapai. “Makanya kepala dinas wajib membaca RPJM ini jadi tahu arah kita kedepan per tahun apa,” pungkasnya. (wan)