Dua Tersangka Dugaan Korupsi Tapal Batas Segera Disidangkan

Kedua tersangka diserahkan ke Kejari Palembang, Kamis (6/8)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kasus dugaan korupsi pembangunan tapal batas di kawasan Tanjung Api-api yang diusut penyidik Tipikor Polrestabes Palembang segera disidangkan.

Penyidik Tipikor Polrestabes Palembang menyerahkan dua tersangka kasus dugaan korupsi yang merugikan negara lebih Rp500 juta tersebut beserta barang bukti ke Kejakasaan Negeri (Kejari) Palembang, Kamis (06/08), sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedua tersangka dimaksud Khairul Rizal dan Otong Iskanadar. Satu tersangka lagi yakni Heriyadi meninggal dunia saat ditetapkan tersangka.

Kasatresrim Polrestabes Palembang AKBP Nuryono melalui Kanit Tipikor AKP Hamsal membenarkan pihaknya telah menyerahkan kedua tersangka berikut barang bukti.

Dijelaskan Hamsal, salah satu tersangka yakni Khairul Rizal statusnya saat ini adalah cuti bersyarat terhitung sejak tanggal 17 Juli 2020.

“Ya, salah satu tersangka yakni Khairul Rizal merupakan tahanan Rutan Pakjo dari kasus yang telah diputus pada tahun 2019 lalu. Saat ini, statusnya bebas dengan mengajukan cuti bersyarat dari Lapas Pakjo,” ungkapnya.

Ditambahkan Hamsal, modus yang dilakukan oleh tersangka ini kurang lebih hampir sama dengan perkara yang telah diputus sebelumnya, yakni adanya dugaan pengurangan volume pekerjaan pembangunan tugu tapal batas.

Kasi Pidsus Kejari Palembang Dede M Yasin mengatakan kedua tersangka akan ditahan di Rutan Pakjo selama 20 hari ke depan. Setelah itu diserahkan kepengadilan untuk segera diadili.

Dijelaskan Dede, keugian negara dari dana yang diduga dikorupsikan tersangka mencapai lebih Rp800 juta. Namun ternyata sudah dikembalikan tersangka sebanyak Rp300 juta. Jadi total kerugian negara sebesar lebih Rp500 juta.

Diungkapkan Dede, keduanya terancam pasal 2, 3, dan 9 Undang-Undang No.31 Tahun 1999 dengan ancaman penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun. (sro)