Kabel Banyak Dicuri, Lampu Jalan Tak Menyala

Kabel lampu jalan di Palembang yang akhir-akhir ini banyak dicuri sehingga tidak bisa menyala, Kamis (06/08/2020). Foto : sumeks.co/fin

PALEMBANG, PALPOS.ID – Beberapa pekan ini, beberapa titik jalan di Kota Palembang terlihat gelap gulita. Pasalnya, sejumlah lampu jalan di kawasan tersebut padam.

Hal ini meresahkan masyarakat, karena bisa memicu tindak kriminal terutama begal motor yang kembali marak terjadi akhir-akhir ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera-KP) Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali mengatakan, padamnya lampu jalan di beberapa titik Kota Palembang, diakibatkan maraknya pencurian kabel serta kerusakan lampu.

“Seperti yang terjadi di Angkatan 45, dimana akibat pencurian kabel lampu jalan. Akibatnya, lampu jalan tidak bisa menyala. Seminggu yang lalu sudah diperbaiki, tapi hanya bertahan satu hari, setelah itu dicuri lagi, untuk lebih lanjut silakan tanya ke pihak LRT (Light Rail Transit), karena mereka yang tahu kronologinya,” ungkapnya, Kamis (06/08/2020).

Pencurian terhadap lampu jalan ini, sudah sering terjadi. Bahkan, pencurian tidak hanya pada kabel, tapi lampunya juga kadang dicuri.

“Sering kali dicuri, bahkan lampunya juga. Kita pasti akan langsung perbaiki jika ad laporan, selagi masih masuk wilayah kita. Silakan saja masyarakat laporkan jika ada lampu yang padam,” imbuhnya.

 

Pemadaman lampu jalan juga terjadi karena adanya kerusakan pada lampu jalan itu sediri. Seperti di kawasan Jalan Noerdin Pandji, namun itu sudah diperbaiki. “Setelah kami mendapat laporan, langsung kami perbaiki,” terangnya.

Affan mengaku, tidak memiliki catatan berapa banyak lampu jalan di Kota Palembang yang mati, karena hal itu baru diketahui berdasarkan laporan masyarakat.

“Jadi kami berdasarkan laporan masyarakat dan media hallopalembang. Jadi kita tidak punya catatan dimana saja yang mati, tapi kalau ada laporan kami perbaiki,” terangnya. (sef)