SMK Negeri 1 Palembang Cetak Lulusan yang Kompeten di Bisnis dan Manajemen

Dewan guru SMK Negeri 1 Palembang foto bersama. Foto: istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – SMK Negeri 1 Palembang terus berupaya untuk mencetak lulusan yang kompeten di bidang bisnis dan manajemen.

Ini sejalan dengan visi dari sekolah ini, yang ingin menjadi sekolah yang unggul dalam sumber daya manusia, berkarakter bangsa, berwawasan lingkungan.

San Aprianto SPd MSi, Kepala SMK Negeri 1 Palembang

Kepala SMK Negeri 1 Palembang, San Aprianto SPd MSi mengatakan, SMK Negeri 1 Palembang bertekad menjadi pendidikan kejuruan yang berkualitas dan bertoleransi keunggulan dibidang keahliannya.

“Kita mencetak peserta didik yang memiliki kompetensi bisnis dan manajemen handal yang berakar pada imtaq dan nilai  budaya bangsa indonesia. Kami juga terus meningkatkan profesionalisme lulusan agar siap kerja mandiri dan berjiwa usaha sehingga mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” jelas dia.

SMK 1 sendiri sudah membuat terobosan dengan melaunching bank mini dan one mart yang bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel dan PT Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), beberapa waktu lalu. Adanya bank mini dan one mart di SMK Negeri 1 Palembang ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain untuk memiliki terobosan.

Bank mini ini merupakan bank pertama di SMK yang ada di Sumsel. “Bank mini ini sebagai sarana literasi bagi siswa untuk belajar dan memperkenalkan bagaimana dunia perbankan kepada siswa. Jadi melalui bank mini ini siswa benar-benar bisa belajar didalam manajemen bank itu secara langsung,” jelasnya.

Dimana bank mini ini sudah sesuai dengan standar layaknya bank. “Ya, beginilah bank sebenarnya. Ada petugasnya, ada teller, kepala banknya dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Lanjutnya, dengan hadirnya bank mini ini siswa dapat belajar secara langsung sehingga setelah lulus memiliki skill yang baik di bidangnya. (*)