SMKN 1 Tanjung Lago Berbasis Teknologi, Hasilkan Lulusan Berkompeten

Salah satu gedung SMK Negeri 1 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Foto: istimewa

TANJUNG LAGO, PALPOS.ID – SMKN 1 Tanjung Lago Kabupaten Banyasin, semula bernama SMKN 2 Banyuasin, beralamat di Desa Muliasari Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin.

Hasmarudin SPd MM, Kepala SMKN 1 Tanjung Lago

SMK ini mulai didirikan tahun 2010 berdasarkan Peraturan Bupati Banyuasin Nomor 206 Tahun 2010 yang merupakan tindaklanjut dari surat pernyataan Penyediaan Lahan untuk usul Sekolah Baru, yang disampaikan Bupati Banyuasin ke Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta tanggal 14 April 2009.

‘’Pendirian SMK ini dimaksudkan untuk menampung lulusan SLTP setiap tahunnya semakin meningkat, dan kondisi SLTA yang ada belum cukup menampung lulusan tersebut,” tegas Hasmarudin SPd MM, Kepala SMKN 1 Tanjung Lago.

Tahun 2010, SMKN 2 Banyuasin ini diubah nama menjadi SMKN 1 Tanjung Lago berdasarkan Peraturan Bupati Banyuasin Nomor 474 Tahun 2010 tentang Perubahan Nomenklatur Satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri, Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dalam Kabupaten Banyuasin tanggal 12 Agustus 2010.

‘’SMKN 1 Tanjung Lago mempunyai 4 Kompetensi Keahlian Unggulan yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Agribisnis Perikanan Air Tawar,” jelas Hasamarudin.

Saat ini, tahun 2020 SMKN 1 Tanjung Lago mempunyai 381 orang siswa, yang setiap tahunnya selalu bertambah seiring juga dengan banyaknya prestasi yang diperoleh baik di tingkat Kabupaten atau Provinsi maupun tingkat Nasional.

‘’Salah satunya adalah Juara Harapan I Pada Lomba Kompetensi Siswa Bidang Lomba Fishery Tahun 2016 Tingkat Nasional di Kota Malang Jawa Timur,” tambah Hasmarudin. (*)