SMKN 2 Kayuagung Mencetak Siswa Siap Kerja dan Berjiwa Kompetitif

Pintu gerbang SMK Negeri 2 Kayuagung Kabupaten OKI. Foto: istimewa

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Salah satu tujuan hadirnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yakni menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja, baik secara mandiri atau mengisi lapangan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan bidang dan program keahlian yang diminati.

Nafion SPd MSi, Kepala SMK Negeri 2 Kayuagung

Berangkat dari sinilah, SMK Negeri 2 Kayuagung Kabupaten OKI selalu berupaya membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati.

Sekolah yang beralamat di Jalan Kapten Arsyad Kota Kayuagung ini memiliki visi dan misi menjadi lembaga pendidikan yang mencetak tenaga kerja menengah yang profesional, mandiri, dan bermutu di tingkat regional, nasional, dan internasional.

‘’Sedangkan misi sekolah kami yakni  profesionalisme lembaga dilakukan melalui pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di semua sektor secara terus menerus dan meningkatkan kualitas lulusan agar dapat bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional,’’ kata Nafion SPd MSi, Kepala SMKN 2 Kayuagung.

Dalam mencetak calon tenaga kerja yang berjiwa kompetitif, SMKN 2 Kayuagung menyediakan bidang studi keahlian dan akan terus berkembang seiring kebutuhan pasar kerja.

Pada tahun pelajaran 2016/2017 SMKN 2 Kayuagung memiliki 3 bidang studi keahlian yaitu Seni dan Industri Kreatif, Teknologi dan Rekayasa, Bisnis Manajemen yang terdiri atas 7 kompetensi keahlian yaitu meliputi :  Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Kriya Kreatif Batik danTekstil, Kriya Kreatif Keramik, Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Audio Video, dan Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran.

‘’Metode pembelajaran di sini lebih memfokuskan pada link and match untuk memenuhi tantangan pasar kerja. Untuk itu, kami mempersiapkan  siswa menjadi calon tenaga kerja yang memiliki komptensi di bidangnya dengan ditunjang sarana pendukung yang lengkap, seperti laboratorium, bengkel dan tenaga pengajar yang andal,’’ ungkapnya.

Ditambahkan, SMKN 2 Kayuagung beroperasi sejak 1993 yang silam. Wwalnya berada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin Kecamatan Tanjung Raja dengan nama SMIK Negeri Tanjung Raja. Kemudian tahun 1996 pindah ke Kayuagung dengan nama SMK Negeri 2 Kayuagung dan dibangun di atas lahan seluas 21.379 m2 terletak di Jalan Kapten Arsyad, Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Propinsi Sumatera Selatan.

Berada di lokasi strategis, dengan lingkungan yang mendukung dan mudah dijangkau oleh peserta didik menjadikan SMKN 2 Kayuagung banyak diminati tamatan SLTP sederajat yang ingin memiliki keahlian khusus untuk bisa bersaing di dunia kerja.

Tingginya minat siswa belajar di SMKN 2 Kayuagung, dapat dilihat  dari penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang menunjukkan grafis meningkat tajam. Saat ini, jumlah siswa tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 1.022 siswa.

Untuk siswa yang lulus tahun 2020/2021 sebanyak 286 orang. Dari jumlah lulusan tersebut, yang terserap di dunia usaha dan industri 2 tahun terahir tak kurang 100 orang. (*)