SMKN 4 Palembang Menonjol di Bidang IT dan Elektronika

Suasana SMK Negeri 4 Palembang di Jalan Sersan Sani Kecamatan Kemuning. Foto: istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Palembang merupakan lembaga pendidikan yang  mempersiapkan lulusan dengan kompetensi keahlian sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Drs Ramot Siahaan MSi, Kepala SMK Negeri 4 Palembang

SMK Negeri 4 Palembang yang didirikan sejak 1975 yang silam, dulunya dikenal dengan nama Sekolah Teknologi Menengah (STM) Negeri 2 Palembang. Sekolah yang berlokasi di Jalan Sersan Sani Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Kota Palembang ini, merupakan salah satu favorit bagi pelajar yang ingin mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Hal itu sesuai dengan visi dan misi SMK Negeri 4 Palembang, yakni mempersiapkan lulusan yang berkualitas, profesional, bertaqwa dan berwawasan lingkungan.

Sementara misi sekolah ini, yakni terus meningkatkan profesional siswa, guru dan karyawan sesuai dengan standar ISO 9001:2008. Kemudian meningkatkan lingkungan yang berwawasan adiwiyata dan meningkatkan kerjasama dan mempromosikan SMK Negeri 4 Palembang kepada masyarakat dunia usaha.

Drs Ramot Siahaan MSi, Kepala SMK Negeri 4 Palembang mengatakan animo atau keinginan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya setiap tahun paling tinggi di SMKN se-Kota Palembang. Rata rata calon siswa yang mendaftar di atas 1.500 orang

‘’Tingginya animo lulusan SLTP ingin masuk SMKN 4 Palembang karena kualitas dan prestasi dari siswa. Untuk diketahui, siswa SMKN 4 Palembang mempunyai prestasi yang menonjol di bidang IT dan elektronika,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, pengkaderan dan pengembangan guru berjalan baik di sini. Indikasinya, dari 5 orang guru yang ikut diklat calon kepala sekolah,  3 orang  sudah diangkat dan 2 lagi masih menunggu.

Selain menjadikan siswa memiliki kompetensi khusus sesuai jurusan, di SMKN 4 Palembang juga ada BKK (Bursa Kerja Khusus). BKK ini bekerja sama dengan perusahaan-perusahan besar antara lain PT Astra Otopart, PT Paragon, PT United Tractor, PT Indofood, PT Samsung dan masih banyak lagi perusahaan lain dalam hal rekrutmen tenaga kerja maupun PKL  (Praktek Kerja Lapangan).

Prestasi membanggakan dari SMK Negeri 4 Palembang yakni kemampuan siswanya melakukan inovasi dalam pembuatan booster penguat sinyal yang sudah mendapat kunjungan dari Kabid SMK Disdik Sumsel, Mondyaboni SE SKom.

Sementara itu, untuk serapan lapangan kerja tak kalah membanggakan. Berdasar data alumni, tahun 2018 berjumlah 634 orang, yang bekerja 287 orang, wirausaha 222 orang sisanya kuliah. Tahun 2019 alumni berjumlah 581 orang, bekerja 326 orang, wirausaha 222 orang, dan sisanya kuliah.

Melihat data tersebut, terjadi peningkatan cukup signifikan serapan alumni SMKN 4 Palembang di pasar kerja. Ini membuktikan, bahwa pembelajaran yang diterapkan cukup tepat dan mengena dengan kondisi perkembangan dunia kerja saat ini. (*)