SMK Negeri Tugumulyo Mencetak Lulusan Siap Kerja dan Bertakwa

Gerbang masuk SMK Negeri Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Foto istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Salah satu sekolah yang menjadi favorit lulusan SLTP di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)  Tugumulyo.

Robiyanto MPd, Kepala SMK Negeri Tugumulyo

SMK ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo. Banyaknya alumni yang terserap di lapangan kerja, merupakan jaminan mutu SMK Negeri Tugumulyo dengan pilihan jurusan keahlian bagi siswa meliputi: Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Selain itu, sekolah yang dipimpin Robiyanto, M.Pd ini ditunjang dengan keberadaan laboratorium komputer, kimia dan bengkel kerja bagi siswa otomotif.

‘’SMK Negeri Tugumulyo memiliki visi mencetak tamatan yang profesional mandiri dan bertakwa. Untuk menunjang visi sekolah dan menghasilkan lulusan bermutu, SMK Negeri Tugumulyo dilengkapi fasilitas belajar mengajar yang refresentatif,’’ kata Robiyanto.

Selain itu, lanjutnya, merekrut dan menyediakan tenaga kependidikan dengan jenjang sarjana Strata 1 sampai Strata 2 yang kompeten di bidangnya masing-masing.

‘’Misi SMKN Tugumulyo adalah menjadi lembaga pendidikan yang inovatif dan akomodatif dengan kualitas lulusan yang siap kerja dan bertakwa,’’ ungkapnya.

Sebagai bukti, banyak lulusan SMKN Tugumulyo yang terserap di lapangan kerja dan mandiri berwirausaha. Di dunia kerja sendiri, lulusan SMKN Tugumulyo mampu bersaing.  Tidak heran, hampir semua sektor pasar kerja, lulusan SMKN Tugumulyo dapat diterima dengan baik.

Ditambahkan, di SMKN Tugumulyo siswa memiliki banyak pilihan ekstrakulikuler, yakni rohis, Paskibraka, PKS, PMR, pencinta alam, olahraga prestasi, pramuka, teater, dan seni tari. Di bidang olahraga, siswa SMKN Tugumulyo menyabet medali emas O2SN tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Ekstrakurikuler atau ekskul sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran. Tujuannya untuk bisa mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan juga membantu dalam membentuk karakter peserta didik itu sesuai dengan minat serta bakat tiap-tiap individu. (*)