Buka Sekolah Tatap Muka, Orangtua Silakan Pilih PJJ atau Daring 

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni pimpin rapat pembahasan kegiatan sekolah dan keramaian, Sabtu (22/08/2020). Foto: efvhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID – Berdasarkan rapat pembahasan pelaksanaan kegiatan Sekolah dan keramaian, saat Covid-19 di Kota Pagaralam bersama OPD, FORKOPIMDA, Camat dan Forum Ponpes di Ruang Rapat Besemah I, menyepakati beberapa hasil diputuskan secara bersama.

“Kita putuskan Sekolah dibuka 31 Agustus 2020, dengan tatap muka seperti daerah-daerah lain, serta sesuai edaran Bersama Menteri, yakni kurang lebih 3 jam,” tegas Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH, ketika membacakan keputusan bersama terkait pelaksanaan kegiatan Sekolah dan keramaian, belum lama ini.

Alpian menerangkan, dengan belajar kurang lebih 3 jam ini, kalau Sekolah pagi itu dibagi dua, ada masuk pagi dan ada yang masuk siang, seperti waktu duduk dibangku Kelas I dan Kelas II SD. “Jadi kita minta kepada Disdikbud Pagaralam segera membuat surat edarannya ke semua Sekolah,” katanya, Sabtu (22/08/2020).

Kalau orangtuanya keberatan Sekolah tatap muka, tambah Alpian, anaknya tetap dijamin bisa mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Daring.

Kadisdikbud Kota Pagaralam, H Cholmin Haryadi mengakui, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama ini menerapkan sistem PJJ. “Namun, dalam pelaksanaannya banyak hambatan dan kendala, terkait jaringan dan kondisi geografis serta kemampuan guru maupun siswa,” paparnya.

Sehubungan hal tersebut, jelas Cholmin, pihaknya sangat menyetujui pelaksanaan Sekolah tatap muka, dengan mengacu SK Menteri Bersama. “Rencananya, kami memulai Sekolah tatap muka tanggal 1 September 2020,” ungkap Cholmin.

Dikatakan Cholmin, pihaknya mempersiapkan Sekolah dan memverifikasi Kepala Sekolah, yang mendapatkan persetujuan dari pengurus Komite Sekolah.

“Agar bila terjadi hal tidak diinginkan, tidak serta-merta menyalahkan pihak Sekolah. Karena ketentuan tatap muka Sekolah, wewenang Kepala Sekolah dan persetujuan Komite Sekolah,” tambahnya.

Kemudian ketentuan siswa mengikuti belajar tatap muka sebut Cholmin, atas izin orangtua siswa. “Jadi kami mohon bantuan Tim Satgas Penanganan Covid-19. Ini juga termasuk SMA, SMK maupun MA, sedangkan untuk TK dan PAUD belajar tatap muka bisa dimulai Januari 2021,” tutupnya. (cw08)