PDAM Tirta Prabujaya Sediakan Air Bersih Gratis

Warga yang sumurnya kekeringan saat mengambil air bersih gratis di PDAM Tirta Prabujaya, Senin (07/09/2020). Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Guna membantu masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih lantaran sumurnya mengalami kekeringan, Pemkot Prabumulih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya memberikan bantuan air bersih gratis.

“Bagi masyarakat yang belum mempunyai jaringan PDAM dan juga sumurnya kekeringan, kita siapkan tempat (Kantor PDAM) untuk mengambil air bersih secara gratis,” ujar Direktur PDAM Tirta Prabujaya, Fajar C Ardhana ST, Senin (07/09/2020).

Namun pengambilan air tersebut sambung Fajar, hanya boleh menggunakan jeriken. “Mereka dilarang menggunakan tedmon, hanya boleh menggunakan jeriken saja,” ungkapnya seraya mengatakan larangan diberlakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan dilakukan masyarakat dengan menjual air bersih yang diambil secara gratis.

Masih kata Fajar, pihaknya juga memberikan layanan bantuan air bersih menggunakan mobil tangki. “Silakan ajukan kepada kami secara berkelompok atau perkelurahan atau desa atau RT, nanti akan kita bantu akan ada petugas mengantar ke tempat penampungan di RT atau kelurahan,” ucapnya.

Dikatakan penghobi tanaman bonsai ini, dalam satu harinya jumlah warga mengambil air bersih gratis jumlahnya mencapai 60 kepala keluarga sampai 80 KK berasal dari kelurahan Sungai Medang, Prabujaya, Mangga Besar dan Sukajadi.

“Jadi kita ada catatannya, kita data perhari, jumlah yang mengambil air sekitar 60-80 KK sementara kubikasi air mereka ambil perharinya mencapai 3 sampai 4 ton air,” bebernya.

Sementara, Ambli Radius, warga Kelurahan Prabujaya mengaku, sejak satu bulan terakhir selalu mengambil air gratis, untuk keperluan sehari-hari mulai dari mandi, mencuci dan juga untuk keperluan memasak.

“Seharinya bisa mencapai 10 sampai 12 jeriken isi 30 liter, pagi ngambil 6 jeriken sore ngambil lagi 6 jeriken,” ungkapnya sembari mengatakan sumur miliknya sudah lama kering.

Senada dikatakan Tegar, warga Kelurahan Prabujaya. Menurut Tegar, dirinya mengandalkan air PDAM untuk keperluan mandi, mencuci dan memasak. “Untung gratis pak, soalnya setiap hari kami ngambil air disini,” pungkasnya. (wan)