Musim Kemarau Rawan Bencana Karhutlah

ilustrasi karhutlah. foto: istimewa/net

PAGARALAM, PALPOS.ID – Mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) sepanjang musim kemarau saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam menyiagakan petugas di sejumlah kawasan rawan bencana di wilayah Kota Pagaralam maupun sekitarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, Patriot A Mundra mengungkapkan, Kota Pagaralam memilik luas wilayah yang sebagian besar merupakan kawasan dengan kontur tanah berbukit dan curam.

“Mengantisipasi kebakaran BPBD menstanbykan petugas, dan dari data peta rawan kebakaran ada beberapa kawasan yang dinilai perlu mendapat perhatian khusus diantaranya Kecamatan Dempo Selatan, Kecamatan Dempo Tengah dan Kecamatan Dempo Utara termasuk di kawasan hutan kaki gunung dempo,” terangnya, Rabu (09/09/2020).

Diakuinya, kejadian kebakaran di hutan Gunung Dempo tak ingin kembali terulang. Untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat termasuk pendaki dan para pecinta alam, agar bisa menumbuhkan kesadaran dengan tidak melakukan kegiatan pembakaran di kawasan hutan maupun lahan, baik itu untuk perkebunan maupan kegiatan lainnya. “Untuk hotspot atau titik api hingga kini wilayah Kota Pagaralam sejauh ini belum terpantau,” tandasnya. (faj)