Pemkab OKU Raih Predikat Anugerah Aksara Tingkat Nasional

Bupati OKU, H Kuryana Azis saat mendengarkan arahan dari Kemendikbud RI secara virtual di rumah dinasnya, Rabu (09/09/2020). Foto: humas pemkab oku

BATURAJA, PALPOS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) meraih predikat Anugerah Aksara tingkat nasional dalam kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

“Mengingat saat ini masih Pandemi Covid-19, maka penghargaannya diberikan secara virtual pada Selasa (08/09/2020) di rumah dinas saya,” kata Bupati OKU, H Kuryana Azis, saat dibincangi wartawan, Rabu (09/09/2020).

Dijelaskan Bupati, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Kemendikbud RI terhadap kepala daerah dan para penggiat aksara. “Pemberian penghargaan ini agar semakin banyak orang maupun lembaga yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam pemberantasan buta aksara di Indonesia,” tegasnya.

Hadir pada acara ini, Kadin Pendidikan OKU, Teddy Melwansyah beserta pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan OKU. Setiap tanggal 8 September kata Bupati, dunia internasional memperingati Hari Aksara. Hari Aksara Internasional dicanangkan oleh UNESCO dalam Konferensi Umum UNESCO pada 26 Oktober 1966.

Hari Aksara Internasional mula-mula dicetuskan pada Konferensi Dunia oleh Menteri Pendidikan dan Pemberantasan Buta Aksara di Teheran, Iran, pada 8 September 1965. Inilah tonggak pertama ide tentang peringatan Hari Aksara Internasional.

Untuk tahun ini mengingat pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus menggelar Apresiasi Penghargaan Keaksaraan tahun 2020 secara virtual. (eco)