Dinas Ketenagakerjaan Hadirkan Layanan Cetak AK1 Via Online

Masyarakat mendaftar dan pencetakan kartu pencari Kerja secara online dengan mengakses website kementerian Ketenagakerjaan, Senin (14/09/2020). Foto: ozi/Palpos.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Pemkab Muara Enim kembali melakukan terobosan dalam pelayanan publik dimasa pandemi Covid-19. Kali ini melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim yang melaksanakan kegiatan pendaftaran dan pencetakan Kartu Pencari Kerja (AK1) Online secara serentak.

Menurut Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim, Hj Herawati, diera digitalisasi sekaligus mendukung penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi, Dinas ketenagakerjaan terus melakukan serangkaian inovasi, dengan memanfaatkan IT guna mempermudah masyarakat dalam membuat Kartu Pencari Kerja (AK 1).

Dengan pelayanan secara online akan jauh lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya dikeluarkan. “Masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh lagi ke Kantor Dinas ketenagakerjaan, cukup dengan mendaftar secara online dengan mengakses website kementerian Ketenagakerjaan yaitu kemnaker.go.id. Kemudian selanjutnya melapor ke petugas di kecamatan diwilayah masing-masing guna dilakukan pencetakan Kartu Pencari Kerjanya,” ujar Herawati, Senin (14/09/2020).

Dijelaskannya, saat ini Kantor Dinas ketenagakerjaan terhubung langsung secara virtual dengan 22 kecamatan se-Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk inovasi dalam hal Pelayanan publik. “Di era digitalisasi sekaligus mendukung penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi covid ini,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, mengapresiasi inovasi yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan ini.  Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang mengharapkan program yang dihadirkan tersebut akan lebih mempermudah masyarakat.

Juarsah menerangkan selain kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah pula melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan skill tenaga kerja Muara Enim untuk bersaing dalam mencari pekerjaan di berbagai sektor terutama pada berbagai perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muara Enim.

Untuk diketahui kegiatan pendaftaran dan pencetakan kartu pencari Kerja (AK 1) secara online yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan merupakan salah satu inovasi daerah yang akan diikutkan dalam kompetisi inovasi yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Muara Enim. (ozi)