39 Kelompok Tani Laksanakan Sejuta Stek Kopi 

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH. Foto: Istimewa/palpos.id

PAGARALAM, PALPOS.ID – Kendati sedikit menuai hambatan tahun lalu, program stek sejuta kopi di 2020 kembali berlanjut. Demikian ditegaskan Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Gunsono Mekson SE MM, melalui Kabid Perkebunan, Diki Herlambang SP, Selasa (15/09/2020).

Dia menyebutkan, jika program stek kopi tahun ini ditujukan kepada 39 Kelompok Tani (Poktan) kopi di lima kecamatan. “Secepatnya dilaksanakan, jika tak ada halangan akhir September 2020 program stek kopi dari Pak Wako dilanjutkan,” ungkapnya.

Mengenai kelompok penerima bantuan program untuk meningkatkan produksi tanaman kopi sudah ditetapkan beberapa waktu lalu. “Dalam waktu dekat sebelum pelaksanaan dilakukan sosialisasi prihal pelaksanaan program sejuta stek kopi kepada Poktan penerima,” katanya.

Yang jelas, untuk pelaksanaannya dilakukan seoptimal mungkin dalam pengawasan. Lanjut Diki Herlambang, pengalaman program tahun lalu menjadi masukan untuk pelaksanaan di tahun ini. ‘’Agar, capaian hasilnya bisa lebih optimal lagi ditahun ini,” harapnya. Mengenai pengawasan hasil stek nanti? Diki menyebutkan, setiap hasil stek kopi dilakukan petani dalam jangka waktu tertentu dilakukan pengecekan (verifikasi,red).

“Verifikasi terhadap stek kopi yang tumbuh (hidup,red) akan dilakukan sekitar Oktober, jika program stek kopi ini berjalan di September ini,” katanya seraya mengatakan untuk program stek ini petani digulirkan bantuan biaya stek kopi, semetnara untuk alat stek tidak.

Jadi, dengan adanya bantuan program ini diharapkan petani untuk bisa seoptimal mungkin memanfaatkan dan melaksanakan program sejuta stek kopi. Sementara, untuk realisasi sejuta stek kopi di tahun 2019 lalu, Dempo Tengah terealisasi 74.331 stek kopi, Dempo Utara sebanyak 75.379 stek kopi, Dempo Selatan sebanyak 83.872 stek kopi, sementara 6.555 stek kopi terealiasi di wilayah Pagaralam Utara.

“Jadi, jika dikalkulasikan untuk sata real hasil verfikasi tim sebanyak 240.137 stek kopi. Jumlah ini yang akan dibayarkan kepada kelompok tani kopi penerima yang telah melaksanakan program sejuta stek kopi,” ujar dia seraya mengatakan capaian program setjuta stek ini jika dipersentasekan hanya mencapai sekitar 24 persen dari target sejuta stek kopi. (faj)