Hasil Pleno, Pemilih Ogan Ilir Bertambah 29.059

Rapat Pleno terbuka yang digelar KPU Ogan Ilir, Senin (14/09/2020). Foto: din/Palpos.ID

INDRALAYA, PALPOS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir, Senin (14/09/2020), menggelar Rapat Pleno Terbuka Penyampaian hasil Verifikasi Dokumen Persyaratan Daftar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir, di halaman Kantor KPU setempat.

Acara tersebut dihadiri kedua pasangan bakal calon wakil bupati dan partai pendukung masing-masing. Menurut Ketua KPUD OI Massuryati, sesuai dengan ketentuan PKPU 1 Tahun 2020, Senin (14/09/2020), KPU OI menyampaikan hasil verifikasi terhadap bakal pasangan calon.

“Untuk DPS (daftar pemilih sementara) semalam kita mulai dari tanggal 13 September 2020 sampai jam 00.00 WIB, sudah menyelesaikan rekapitulasi pleno penetapan pemutahiran data dan ditetapkan sebagai data pemilih sementara. Daftar pemilihan sementara pada Pilkada serentak pada tahun 2020 di Kabupaten Ogan Ilir dengan jumlah 295.914 pemilih,” katanya.

Untuk data pilpres tempo hari, lanjut Massuryati, berjumlah 288.973, jadi ada penambahan sebesar 29.059 pemilih dan terkait rekavitulasi semalam itu cukup banyak masukan saran imbauan dari Bawaslu.

“Semuanya kita tindaklanjuti dan terakamodir semua keinginan dari bawaslu untuk mengecek beberapa kecamatan yang ada keragu-raguan atau kekeliruan penjumlahan atau kesalahan input itu sudah kita selesaikan pada saat pleno semalam. Ya termasuk juga kegandaan sudah kita eksekusi semalam pada saat pleno,” ujarnya.

KPU setelah menyampaikan tahapan hasil dari verifikasi kepada pasangan calon, nanti kpu akan melakukan proses penetapan bakal pasangan calon akan ditetapkan sebagai pasangan calon pada tanggal 23 September 2020 sesuai dengan PKPU 5. Kemudian di tanggal 24 september KPU melakukan pengundian nomor urut pasangan calon dengan terbuka dilapangan halaman kantor KPU Ogan Ilir,” ungkap Ketua KPU OI. (sul)