Terancam Longsor, Jalan Perlu Dipasang Turap

Jalan yang terancam amblas dampak longsor belum dipasang turap, Senin (14/09/2020). Foto: roni/hb/fin

BANYUASIN, PALPOS.ID – Ruas Jalan Desa Rimba Alai Kecamatan Banyuasin III, tepatnya di simpang pengaman terancam longsor. Untuk mencegah hal itu, perlu secepatnya di pasang turap penahan tanah agar jalan aman dari longsor.

“Saat ini jalan hanya dipasang rambu dengan sebatang kayu, supaya pengendara yang melintas tidak terjebak masuk ke dalam jalan yang bakal abrasi itu,” kata Edo, warga Desa Rimba Alai kepada wartawan, Senin (14/09/2020).

Menurut dia, jalan yang terancam abrasi itu merupakan jalan air alias bok culvert yang sudah dangkal. “Itu bok curvert namun sudah tidak berfungsi lagi. Makanya kalau tidak segera diperbaiki tentunya akan abrasi,” kata dia.

Pihaknya berharap agar jalan itu segera dipasang turap penahan tanah supaya jalan tidak terlanjur abrasi. “Perlu turap penahan tanah agar jalan tidak putus jika hujan deras terjadi turun. Kami harap pemerintah mempertimbangkan usulan masyarakat itu,” kata dia.

Sementara itu Sekdes Rimba Alai Syarifudin membenarkan jika jalan di desanya ada yang terancam abrasi. “Benar, kami harap ada bantuan pemerintah Banyuasin untuk membuat turap penahan tanah,” singkat dia. (ron/hb/fin)