Renovasi Jembatan Gantung Telan Dana Rp1 Miliar

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bersama jajaran meninjau jembatan gantung Desa Lubuk Mumpo Gunung Megang, Selasa (15/09/2020). Foto: diskominfo muara enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Pemerintah Kabupaten Muara Enim memastikan segera merenovasi jembatan gantung Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang yang kondisnya rusak berat setahun terakhir.

Rencananya renovasi jembatan sepanjang 200 meter tersebut menelan biaya mencapai Rp1 miliar. Sebelum memulai rencana rehab jembatan, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bersama OPD terkait menyempatkan meninjau kondisi jembatan di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Gunung Megang, Selasa (15/09/2020).

Juarsah menyebut, pada Selasa (15/09/2020) tim dari Dinas PUPR dan kontraktor proyek akan memulai pelaksanaan konstruksi rehab jembatan sepanjang 200 meter ini. “Kontraktor proyek CV Cahaya Ratu beserta tim dari Dinas PUPR akan melaksanakan persiapan dan penentuan titik pengerjaan konstruksi di lokasi, Pemkab pastikan jembatan ini akan segera diperbaiki dan berfungsi kembali,”kata Juarsah.

Menurutnya, rencana rehab dan perbaikan jembatan gantung yang membentang diatas Sungai Lematang serta menghubungkan Dusun 1 dengan Dusun 2 Desa Lubuk Mumpo ini disambut bahagia oleh warga masyarakat sekitar. Pasalnya, keberadaan infrastruktur desa ini begitu vital bagi penduduk terutama dalam menunjang sektor sosial dan ekonomi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim, Ilham Yaholi menjelaskan pendanaan kegiatan renovasi jembatan ini bersumber dari APBD induk Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2020. “Adapun anggaran yang disiapkan senilai Rp 1 milyar,” jelasnya.

Ilham menambahkan, sesuai dengan arahan Plt Bupati pihaknya berharap jembatan ini akan kembali memudahkan akses warga Desa Lubuk Mumpo dalam beraktivitas, terutama menuju ladang dan perkebunan yang letaknya berada di seberang sungai.

“Sehingga perannya mampu meningkatkan roda perekonomian warga. Namun kami juga berpesan agar warga dapat memelihara dengan baik dan menjaga keberadaan jembatan yang diperkirakan akhir tahun ini sudah dapat kembali dipergunakan tersebut,”jelasnya. (ozi)