Jumlah ASN Kota Prabumulih Terus Berkurang Setiap Tahun

Beny Rizal SH MH, Kepala BKPSDM Prabumulih. Foto: istimewa

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Prabumulih, Beny Rizal SH MH mengatakan, setiap tahun jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS (Pegawai Negeri Sipil) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih, mengalami pengurangan.

“Tahun ini saja (2020) ASN kita berkurang dari tahun sebelumnya, kalau tahun lalu (2019) jumlah ASN kita 3.600 orang berkurang menjadi 3.566 orang,” ujar Beny Rizal, Jumat (18/09/2020).

Dikatakannya, berkurangnya jumlah ASN tersebut dikarenakan banyak ASN yang memasuki usia purna bhakti alias pensiun. Selain itu, banyaknya ASN yang mengajukan pindah tugas ke luar daerah juga menjadi faktor penyumbang berkurangnya ASN Prabumulih.

“Tahun ini yang pensiun cukup banyak sekitar 82 orang sampai Desember (2020) nanti, kalau tahun kemarin jumlah yang pensiun mencapai ratusan orang. Kalau jumlah ASN yang pindah, tahun ini baru sekitar lima orang,” ungkapnya.

Karena itulah sambung Beny, setiap tahun pihaknya selalu mengajukan usulan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kementerian PAN dan RB. “Hampir setiap tahun kita usulkan, tahun ini kita mendapat kuota 131 formasi untuk tahun depan masih dalam pengusulan,” bebernya.

Ditanya apakah pemkot Prabumulih mengalami kekurangan ASN, pria yang mengawali karir sebagai ASN di Kementerian Hukum dan HAM ini membenarkan hal tersebut. “Kalau menurut perhitungan kita ya kita masih kekurangan ASN, makanya kita selalu mengusulkan ke kementerian,” kata pria penggemar olahraga tenis ini.

Masih kata Beny, untuk mengatasi kekurangan jumlah ASN tersebut pihaknya memanfaatkan pegawai harian lepas (PHL) yang jumlahnya kini telah mencapai ribuan orang. “Kita terbantu dengan adanya PHL, sembari menunggu kuota formasi dari kementerian kita manfaatkan yang ada,” pungkasnya. (wan)