HM Syarif Hidayat Resmikan Laboratorium Kesda dan BLUD Puskesmas Rupit

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat menandatangani prasasti peresmuan Laboratorium Kesda, Senin (21/09/2020). Foto: alam/Palpos.ID

MURATARA, PALPOS.ID – Bupati Muratara HM Syarif Hidayat meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Kesda) dan BLUD Puskesmas Rupit serta memberikan penghargaan kepada tenaga medis Covid-19, Senin (21/09/2020).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Pasar Lawang Agung Kabupaten Muratara, dihadiri oleh Kadinkes Marlinda Sari, Direktur RSUD Rupit Herlina, Kabag, KUPT Puskesmas Rupit dan tim isolasi Covid-19.

Kadinkes Muratara Marlinda menyampaikan hari ini launching Laboratorium Kesda dan BLUD Puskesmas Rupit. Mengingat selama ini belum memiliki Kesda dan harus ke Lubuklinggau untuk tes.

Dengan adanya Kesda ini, tidak perlu lagi untuk ke Lubuklinggau. Sebab sudah bisa memeriksa HIV, pemeriksaan darah lengkap, Sypilis, HbsAg, malaria, Tb Paru, Gula Darah, Asam Urat, Cholesterol, Golongan Darah dan Napza.

“Selama ini harus ke Lubuklinggau karena belum memiliki Kesda. Dan sekarang tidak perlu ke Lubuklinggau karena disini sudah bisa,” ungkapnya, Senin (21/09/2020).

Ia menjelaskan, Kesda memiliki 6 personel dan dalam kesempatan ini juga menyerahkan piagam penghargaan kepada tim medis kesehatan Covid-19. Dengan adanya penghargaan ini agar bisa meningkatkan kinerja. “Harapan saya bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik ke masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan peresmian gedung Kesda dan BLUD Puskesmas Rupit. Dimana sebelumnya yang dijadikan gedung Kesda merupakan gedung Puskemas dan sekarang Puskesmas sudah memiliki gedung baru.

“Selamat bekerja, mengingat masih dalam pendemi Covid-19. Maka diingatkan kepada masyarakat untuk selalu jaga kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan menggunakan sabun,” ingatnya sembari mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat yang ada dilokasi kegiatan karena mungkin merasa terganggu. (rat)