Optimis Sewa Kios Pasar Dempo Permai Lampaui Target 

ilustrasi. foto: istimewa/net

PAGARALAM, PALPOS.ID – Kendati  perekonomian daerah dilanda pandemi Covid-19, namun retribusi sewa kios Pasar Dempo Permai tetap bisa menembus target.

“Memang tahun ini target retribusi sewa kios dimaksud turun. Dari Rp700 juta di tahun lalu (2019,red) di tahun 2020 ini hanya dipatok Rp425 juta,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagop UKM) Kota Pagaralam, Dawam SH MH melalui Kabid Perdangan, Jefri Zulfikar, Minggu (20/09/2020).

Diakuinya, untuk perolehan PAD dari sewa kios Pasar Dempo Permai sedikit banyak dipengaruhi pandemi Covid-19. “Oleh karenanya, target mengalami penurunan namun kita tetap optimis sumbangan ke PAD ini bisa melebihi target,” ujar Jefri seraya mengatakan jika memang bisa melebih target tahun lalu yang mendekati Rp1 Miliar mengapa tidak.

Untuk diketahui, kondisi jumlah kios yang ada ada di Pasar Dempo Permai atau pasar dua tingkat sebanyak 476 kios. Dari jumlah tersebut, kisaran sewa bervariasi mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp4 juta.

Potensi PAD ini jika dibandingkan dengan kondisi di lapangan, tak sedikit pedagang atau penyewa kios masih menunggak. Walaupun di tengah pandemi ini bukannya pihak Pemkot melalui dinas untuk membebani pedagang ditengah lesunya perekonomian daerah akibat wabah Corona ini.  Namun, tetap mengamanati Peraturan Daerah (Perda) No. 5 Tahun 2018 tentang retribusi daerah. “Jadi, penarikan sumbangan PAD ini tetap dilakukan oleh pemerintah,” paparnya.

Dirinya tak menampik perihal tunggakan masih ada dari tahun ke tahunnya. “Kendati demikian kita tetap menunggu itikad baik dari para pedagang untuk memenuhi kewajibannya yang telah menyewa kios pasar Dempo Permai,” kata Jefri seraya mengatakan mengenai batas pembayaran sewa ini mereka diberikan tenggat waktu hingga 30 November. (faj)