Ketua Dewan Desak Pemerintah Segera Fungsikan PTM

Sutarno SE, Ketua DPRD Prabumulih. Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE mengimbau kepada Pemkot Prabumulih agar segera memfungsikan Pasar Tradisional Modern (PTM) 1 dan 2 dengan menyuruh pedagang segera menempati los dan kios yang pembangunannya menelan anggaran puluhan miliar tersebut.

“Untuk pasar PTM 1 dan PTM 2, dari fraksi DPRD disarankan untuk difungsikan,” ujar Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno SE, ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (22/09/2020).

Dikatakan politisi Partai Golkar ini, pihaknya melihat sampai saat ini jumlah pedagang yang menempati kios dan los di pasar tersebut masih sangat minim dan tidak bertambah. “Bagaimana mekanisme di lapangan itu tergantung kebijakan pemerintah, yang jelas kios tersbeut harus segera ditempati,” ucapnya.

Mengenai adanya keinginan dari Kepala UPTB Pasar  yang meminta supaya dibuat payung hukum seperti peraturan walikota (perwako) atau Perda pengoperasional pasar, pria yang gemar olahraga bulu tangkis ini mengatakan setuju dengan usulan tersebut.

“Sebenarnya bagus juga pemikiran kepala pasar (mengusulkan perwako atau perda,red), biar dia di lapangan lebih kuat dan lebih bisa menertibkan pedagang sesuai aturan,” terangnya sebab sejauh ini UPTB Pasar tidak dapat memberikan sanksi karena belum ada payung hukumnya.

“Sekarang masih sebatas himbauan, sedangkan pasar itu memang harus ditata dan kalau mau cepat segera dibuatkan Perwako. Kita juga mendorong itu (Perwako, red) dan untuk pelaksanaan di lapangan bisa diterapkan dari Perwako,” pungkasnya. (wan)