Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Jumlah Pendukung Paslon

Pengumuman dua pasangan calon peserta Pilkada di Kabupaten Mura, Rabu (23/09/2020). Foto: maryati/Palpos.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID – KPUD Musi Rawas (Mura), menetapkan dua pasangan calon (paslon) peserta pilkada memenuhi syarat (MS) mengikuti pesta demokrasi di Bumi Lan serasan Sekentenan ini.

Kedua paslon tersebut, pasangan petahana H Hendra Gunawan (bupati sekarang)-H Mulyana, dan penantangnya paslon Hj Ratnawati Mahmud-Hj Suwarti (wakil bupati sekarang).

Penetapan paslon peserta pilkada Mura itu dilakukan dalam pleno tertutup yang dihadiri empat komisioner KPUD Mura, Rabu (23/09/2020), sekitar pukul 09.45 WIB.

Setelah penetapan paslon, Kamis (24/09/2020), akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut. Kendati dilakukan secara terbuka, namun KPU membatasi jumlah pendukung masing-masing calon untuk mengikuti tahapan secara langsung.

“Untuk yang hadir dan boleh masuk dalam tenda, dibatasi maksimal 50 orang, 20 diantaranya panitia KPU dan pendukung setiap paslon 15 orang x dua paslon jadi 30 orang,” tegas komisioner KPU Mura, Apandi, dijumpai usai rapat koordinasi terkait protokol kesehatan (prokes) dan aturan penentuan nomor urut di Dafam Hotel, Rabu (23/09/2020).

Pembatasan jumlah pendukung, sambung Apandi, sesuai dengan pedoman aturan KPU No.394/PL.02.2-Kpts/06/KPU/VIII/2020. Selain itu lanjutnya, setiap pendukung yang masuk dalam tenda pengundian nomor urut akan diberikan ID yang diberi nomor 1-15 langsung diberikan stempel KPU. “Hanya ada satu pintu masuk, sehingga hanya yang menggunakan ID yang diperkenankan masuk,” katanya.

Terpisah Komisioner KPU Sumsel, H Almawijaya, menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pengundian nomor urut pihaknya telah menghimbau setiap kabupaten/kota untuk memprioritaskan protokol  kesehatan (prokes) covid-19. “Bukan hanya di Mura tetapi setiap daerah penyelenggara kita ingatkan untuk melaksanakan setiap tahapan sesuai prokes,” terangnya.

Sementara Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy, menegaskan bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan dalam setiap tahapan pilkada di Mura. Untuk pelaksanaan pengundian nomor urut sendiri Polres akan menurunkan 1/3 kekuatan atau 113 personil. “Tetapi kita juga akan melihat situasi, dan bila diburuhkan kita siap menambahkan kekuatan,” ujarnya. (mar)