Pilkada Kota Pagaralam Mundur Setahun

Ketua dan anggota KPU Kota Pagaralam ketika audensi dengan Walikota Pagaralam, Rabu (23/09/2020). Foto: efvhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID – Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada sampai saat ini masih berlaku. Karenanya, jadwal Pilkada Pagaralam mundur setahun dari jadwal.

Ketua KPU Kota Pagaralam, Rahmat Qori Setiawan Amd mengatakan revisi terhadap UU Nomor 10 tahun 2016 masih dalam proses penggodokan di DPR RI.

Karenanya Ia melanjutkan, penyelenggaraan Pilkada serentak masih mengacu dengan UU tersebut. Dalam UU ini disebutkan Qori, Pilkada serentak terakhir adalah 2024. “Sementara ini, di 2023 tidak ada Pilkada serentak. Yang ada tahun 2024,” ujar Qori, dihubungi Rabu (23/09/2020).

Konsekuensinya adalah Pilkada Pagaralam akan digelar pada 2024. Padahal semestinya Pilkada Pagaralam digelar pada 2023. Ini karena masa jabatan kepala Wako dan Wawako Pagaralam yang dilantik 2018 akan berakhir pada 2023. Artinya ada rentang setahun masa jabatan Wako dan Wawako Pagaralam definitif kosong.

Lebih lanjut Qori mengatakan Pilkada serentak 2020 juga tetap berjalan sesuai dengan rencana. Pilkada tahun ini bakal digelar pada 6 Desember mendatang, meskipun pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Ini diakui Qori karena sudah ada kesepakatan antara DPR, Pemerintah Pusat, dan KPU RI.

Kesepakatan ini diambil dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPR RI beberapa hari lalu. “Kalau Pilkada 2020 dimundurkan lagi, Pilkada setelahnya pasti akan terpengaruh. Kalau soal pademi, pasti nanti Pilkadanya memakai protokol kesehatan,” ucap Qori.

Informasi-informasi tersebut, Qori menambahkan, sudah disampaikan langsung kepada Walikota Pagaralam. Harapannya meskipun masih jauh, informasi ini sudah diketahui Pemkot. “Tadi kami bersilaturrahim dengan Pak Wali,” papar Qori.

Sementara Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menyambut baik Audiensi KPU Pagaralam bersama Pemeritah Kota Pagaralam terkait Pilkada dan Pemilu mendatang, selain itu juga sekaligus bersilaturrahim serta menjalin koordinasi. (faj)