Empat Lawang Diharapkan Tetap Zona Hijau Covid-19

Pelanggar protokol kesehatan yang diberikan sanksi fisik berupa push up, Kamis (24/09/2020). Foto: padri/Palpos.ID

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Dalam rangka memaksimalkan pencegahan covid-19 sesuai dengan instruksi Bupati Empat Lawang. Khususnya utuk wilayah Pasemah Air Keruh (Paiker) diadakan operasi yustisi, Kamis (24/09/2020).

Operasi itu, khususnya merazia yang tidak memakai masker,yang melibatkan pihak kecamatan, polsek, koramil, puskesmas dan polpp desa, kades beserta perangkat.

Operasi dipimpin langsung oleh camat Paiker Noperman Zubhi. Untuk diketahui ada beberapa titik yang dijadikan titik awal operasi yaitu depan masjid utama desa Nanjungan, Simpan Talang Randai, Simpan Muara Aman, Simpang Bandar Agung, jalan kearah desa Talang Padang.

“Saya berharap dengan adanya razia masker maka kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin tinggi dan Paiker tetap termasuk zona hijau,” lanjut Noperman Camat Paiker, Kamis (24/09/2020).

Dalam razia yang dilaksanakan Kamis (24/09/2020) terjaring ratusan masyarakat tidak menggunakan masker. Ada beberapa alasan dikemukakan mereka tidak memakai masker, mulai dari hanya keluar sebentar, lupa sampai tidak punya masker.

“Untuk efek jera dan sebagai sanksi mereka diberi teguran, disuruh menyanyikan lagu wajib, membuat pernyataan tidak akan mengulangi kesalahan sampai hukum fisik seperti push up dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Sobri, salah seorang warga Desa Padang Gelai mengatakan, operasi yustisi razia masker yang dilakukan tim gabungan dikomandoi camat sangat tepat. Mengingat saat ini prokes di kecamatan Paiker belum berjalan maksimal.

“Kita dukung upaya pemerintah untuk menyetop penyebaran virus corona ini. Dengan  mengedukasi masyarkat betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam pandemi ini,” lata bapak lima orang anak ini. (pad)