Gubernur HD Percayakan Pjs Bupati OKU Kepada Zaki

Pjs Bupati OKU, Muhammad Zaki Aslam saat memperkenalkan diri dengan Bupati OKU, H Kuryana Azis dan Wakilnya, Johan Anuar, Sabtu (26/09/2020) malam. foto: humas pemkab OKU

BATURAJA, PALPOS.ID – Pengukuhan Pjs Bupati OKU oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, dilaksanakan di Griya Agung Palembang Sumsel, Sabtu (26/09/2020) malam.

Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD OKU H Marjito Bachri, Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, Kajari OKU Bayu Pramesti, Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya.

Kemudian terlihat Sekda OKU H Achmad Tarmizi, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Kabag Terkait, Camat, Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati OKU Kuryana Azis-Johan Anuar dan undangan Lainnya.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan tanda jabatan dan diserahkannya SK Mendagri oleh Gubernur Sumsel kepada Pjs Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam.

Pengukuhan ini didasari pengajuan cuti dilayangkan Bupati OKU, H Kuryana Azis untuk mengikuti kontestasi Pilkada OKU 9 Desember 2020 mendatang.

Laporan Sekda Sumsel H Nasrun Umar, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 saat ini adalah tahapan masa kampanye pasangan calon terhitung mulai tanggal 26 September 2020 sampai dengan tanggal 5 Desember Tahun 2020.

Dari 7 Kabupaten peserta Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Sumsel Terdapat 5 Kabupaten yang Bupati dan Wakil Bupati-nya mengajukan izin cuti diluar tanggungan negara untuk kampanye maju sebagai pasangan calon.

Gubernur HD mengatakan, pengukuhan ini melengkapi syarat administrasi kenegaraan untuk persiapan pilkada serentak yang dilaksanakan di Sumsel.

“Kita bersyukur, kita selesaikan satu administrasi kenegaraan,  persiapan Pilkada dengan menghadirkan Pjs, ini menyempurnai Pengukuhan lima Kabupaten melaksanakan Pilkada di Sumsel,” kata HD.

HD juga menitipkan harapan kepada Muhammad Zaki Aslam dan Pjs Bupati lainnya untuk mensuksekan pelaksanaan Pilkada, menjaga ketenteraman rakyat. “Yang utama tugas kepala daerah itu, bagaimana bisa damai, mau jam berapa pun orang keluar tetap damai dan aman,” tegasnya.

Deru menyebut, sosok Zaki sebagai birokrat berpengalaman yang mampu membawa roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik di Kabupaten OKU nantinya. (eco)