Penadah Motor Hasil Kejahatan Ditangkap, Pelaku Penggelapan Masih Buron

Tersangka penadah motor hasil kejahatan saat diamankan di Polsek Lubuklinggau Timur, Sabtu (26/9)

LUBUKLINGGAU, Palpos.Id – Pelajaran bagi semua warga agar tidak sembarangan membeli ataupun menerima gadaian barang gelap alias hasil kejahatan. Jika tidak ingin bernasib sama dengan Anderi alias Aan (22), warga Jalan  Amula Rahayu, RT 02, Kelurahan Marga Rahayu, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

Pemuda ini terpaksa berurusan dengan aparat penegak hukum karena telah menerima gadaian sepeda motor hasil kejahatan dengan modus penggelapan. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka Aan diamankan dari kediamanannya ke Polsek Lubuklinggau Timur, Sabtu (26/8), sekitar pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan informasi, kejadian berawal Kamis (24/9), sekitar pukul 20.00 WIB. Kediaman korban Eko Saputra (39), warga Jalan Watervang, RT 04 No 46, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, didatangi pelaku Zulfian Junaidi (adik ipar korban). Lalu dengan alasa  ingin membeli rokok,  pelaku meminjam motor sebentar kepada istri korban.

Karena adiknya sendiri, istri korban tidak menaruh curiga dan memberikan kunci motor kepada pelaku. Namun setelah dua hari pelaku menghilang dan tidak lagi mengembalikan sepeda motor milik korban.

Tak terima atas penggelapan sepeda motor yang dilakukan iparnya, korban akhirnya melapor  ke Polsek Lubuklinggau Timur. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengetahui kalau motor yang digelapkan pelaku telah digadaikan kepada tersangka Aan.

Selanjutnya Unit Reskrim yang dipimoin Katim Buser Aipda Edu Gunawan langsung mengamankan tersangka  berikut barang bukti berupa satu unit sepeda motor Suzuki Shogun SP warna biru Nopol BG 4263 HD ke Polsek Lubuklinggau Timur.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Mustofa, melalui Kanit Reskrim Polsek Lubuklinggau Timur, Ipda Farizal, membenarkan hal itu.

“Tersangka penadahan dalam kasus ini, berikut BB berupa motor Suzuki Shogun SP BG 4263 HD, berikut BPKB atas nama  Jimmy Candra, sudah diamankan ke Mapolsek Lubuklinggau Timur. Sedangkan pelaku penggelapan, Zulpian sedang dalam pengejaran,” pungkasnya. (yat)