Rusunawa Siap difungsikan Jadi Rumah Sehat Covid-19

Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi meninjau Rusunawa di Sekayu untuk jaga-jaga ketika kasus COVID-19 di Muba, Minggu (27/09/2020). Foto: diskominfo muba

SEKAYU, PALPOS.ID – Tidak bisa dipungkiri, Indonesia masih berkabut dalam keadaan cukup memprihatinkan yaitu tentang kelonjakan kasus COVID-19. Begitu juga dengan kondisi di Kabupaten Muba, setiap minggu ada penambahan jumlah pasien terpapar COVID-19.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Muba siap melakukan alihfungsi Rusunawa sebagai persiapan untuk dijadikan rumah sehat bagi pasien yang terpapar COVID-19.

Saat meninjau Rusunawa, Minggu (27/09/2020), Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex, melalui Sekda Drs H Apriyadi MSi mengaku, dipersiapkan gedung sehat di Rusunawa di Sekayu, untuk jaga-jaga ketika kasus COVID-19 di Muba mengalami pelonjakan. ‘’Makanya, hari ini dilakukan peninjauan Rusunawa untuk memastikan ketersediaan tempat tidur dan lokasi penampungan bagi pasien COVID-19 nantinya,” jelasnya.

Adapun untuk daya tampungnya, di Rusunawa mempunyai 34 kamar, dengan 132 tempat tidur. Rusunawa dijadikan pilihan sebagai gedung sehat dikarenakan tempatnya aman dan jauh dari tempat pemukiman dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Muba.

“Disamping kita melaksanakan sosialisasi, kita harus dapat menyiapkan fasilitas untuk menampung manakala nantinya ada pelonjakan. Adapun fasilitas yang ada sudah Rusunawa ini sudah mencapai 75% mulai dari listrik, air dan juga ketersediaan tempat tidur,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr H Azmi Dariusmansyah MARS, membenarkan yang diucapkan Sekda Muba, bahwa Rusunawa ini akan dijadikan gedung sehat sebagai antisipasi jika terjadi pelonjakan. Untuk kondisi saat ini gedung sehat dan RS Sekayu masih bisa melayani terhadap kasus COVID-19.

“Tetapi Kita harus menyiapkan satu tempat lagi untuk digunakan sebagai gedung sehat, tempat isolasi mandiri bagi yang terkonfirmasi COVID-19. Oleh karena itu Alhamdulillah Pemkab Muba memfasilitasi segala kebutuhan untuk gedung sehat ini seperti kipas angin dan peralatan olahraga,” pungkasnya. (rom)