Sahkan Alat Kelengkapan Dewan, Dukung Program Kerja Legislatif

Jenni Shandiyah SE MH, Ketua DPRD Kota Pagaralam. foto: istimewa/net

PAGARALAM, PALPOS.ID – Setelah melalui proses panjang rapat bersama unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Pagaralam, akhirnya pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) disahkan dirangkai penyusunan rencana kerja dan pembentukan panitia khusus rencana kerja DPRD Kota Pagaralam tahun anggaran 2021, guna mendukung program kerja legislatif sebagai mitra pemerintah.

Rapat paripurna IX dipimpin sekaligus dibuka langsung Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenny Shandiyah, didampingi Wakil Ketua I Hj Dessy Sisca, Wakil Ketua II, Efsi, dihadiri Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, anggota dewan, kepala OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam, Pimpinan Bank SumselBabel Pagaralam, Febriansyah Muslimin.

Ketua DPRD Pagaralam, Jenny Shandiyah didampingi Wakil Ketua I, dan Wakil Ketua II mengatakan, sebagai lembaga legislatif  DPRD melaksanakan tugas dan kewenangan secara terencana dan menerapkan sistematika yang efektif serta senantiasa mengembangkan mekanisme dan pola kerja yang transparan, akuntabel dan profesional dalam upaya mencapai tujuan pembangunan Kota Pagaralam.

“Upaya terencana dimulai dari tahap persiapan dari penyusunan rencana kerja tahunan DPRD, sebagai kerangka acuan melaksanakan tugas dan kewenangan,” kata Jenny, Selasa (29/09/2020).

Sambung Jenny, selanjutnya direalisasikan dalam kegiatan DPRD sampai evaluasi hasil pelaksanaan kegiatan, tahap awal kegiatan ditandai dengan penyusunan rencana kerja DPRD ini hendaknya ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi atas pelaksanaan program rencana kerja tahun sebelumnya, serta diseimbangkan dengan kegiatan Pemerintah Kota Pagaralam sebagai mana jadwalnya yang sudah diatur perundang undangan yang berlaku.

“Penyusunan rencana kerja ini bagi DPRD merupakan kunci keberhasilan program DPRD Pagaralam dan Pemerintah Kota Pagaralam,” jelasnya.

Sementara itu Sekretariat Dewan, Rano Fahlesi mengatakan setelah semua kelembagaan dewan anggaran 2020-2021 disahkan, DPRD Kota Pagaralam bisa secara efektif menjalankan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya.

“Disahkannya komposisi alat kelengkapan dewan anggaran tahun 2021 seperi komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan pembentukan perda dan badan musyawarah. Kami siap mendukung pelaksanaan tugas dan tanggungjawab DPRD Pagaralam,” ucap Rano. (faj)