Temui Dewan, Bahas Wacana Pembentukan PPDI

Tim Pengagas PPDI Kabupaten Banyuasin bersama Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Nor Ismatnudin, Selasa (29/09/2020). Foto: jauhari/hb/fin

BANYUASIN, PALPOS.ID – Untuk meningkatkan peran perangkat desa se-Kabupaten, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Banyuasin telah melakukan audiensi ke berbagai pihak.

Kedatangan PPDI diterima dan disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Selasa (29/09/2020). Dalam pertemuan tersebut, Dwika Alfabet, yang merupakan pengagas organisasi perangkat desa tersebut juga meminta arahan untuk dibentuknya PPDI yang sah di Kabupaten Banyuasin.

“Kita ingin organisasi ini kedepan terbentuk sesuai kebutuhan dalam rangka penguatan organisasi PPDI se-Banyuasin untuk menjadikan PPDI sebagai organisasi satu-satunya Organisasi Perangkat Desa Indonesia,” ungkap Dwika.

Dirinya menambahkan dalam rangka persiapan inventarisasi jumlah perangkat desa, saat ini PPDI sedang mempersiapkan jumlah para perangkat desa yang akan di data. Hal ini sesuai dengan informasi dari Pengurus PPDI Pusat pasca pertemuan dengan Dirjen Bina PemdesKemendagri RI pada pertengahan September lalu.

“Ini sebagai langkah awal kita dalam menghimpun para perangkat desa, di 228 desa yang ada di Banyuasin, tujuannya agar PPDI bisa menyatukan seluruh perangkat desa,” terang dia.

Terpisah, Imron Rosadi, Kepala Desa Biyuku mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Sekdesnya tersebut. Menurutnya, seorang perangkat desa perlu mengikuti organisasi diluar desa agar pemikiran dan wawasan bertambah.

“Ini wajib kita dukung, karena tujuannya baik dan memberikan kontribusi positif bagi para anggota PPDI itu sendiri. Selain bisa menambah wawasan, juga bisa menambah pergaulan,” pungkas dia. (jau/hb/fin)