Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia OKU Gelar Khitanan Massal

ilustrasi. foto: istimewa/net

BATURAJA, PALPOS.ID – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar khitanan massal yang diikuti puluhan anak di wilayah setempat.

“Ada 50 anak yang mengikuti khitanan massal ini,” kata Ketua PKBI OKU, Tina Malinda, saat dihubungi wartawan, Rabu (30/09/2020). Puluhan anak yang dikhitan massal ini tersebar di beberapa kecamatan di wilayah setempat meliputi Kecamatan Baturaja Timur, Sosoh Buay Rayap dan Lengkiti.

Dia menjelaskan, khitanan massal ini digelar pihaknya guna membantu masyarakat khususnya para orang yang kurang mampu agar dapat mengkhitan anaknya secara gratis.

“Sebenarnya kegiatan sosial ini dilakukan di 13 kecamatan Kabupaten OKU. Namun, karena keterbatas anggaran dilakukan secara bertahap,” katanya.

Dalam kegiatan sosial tersebut, kata dia, dilakukan sebanyak dua sesi untuk mencegah pengumpulan massa dalam jumlah banyak guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. “Kegiatan ini kami lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga dilakukan dua sesi,” jelasnya.

Selain khitanan masaal, lanjut dia, dalam kegiatan juga dilakukan pemeriksaa kesehatan serta KB gratis bagi ibu rumah tangga di wilayah setempat.

“Alhamdulillah program KB gratis ini banyak diikuti ibu rumah tangga yang antusias mendukung program pemerintah dua anak cukup,” ujarnya. (eco)