Dewan Minta Pemkot Realisasikan Pelebaran Jalan Duspra

Apriansyah ST, anggota DPRD Prabumulih Fraksi Golkar saat menyampaikan pendapat dalam paripurna DPRD Prabumulih, beberapa hari lalu. Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Anggota DPRD Kota Prabumulih, Apriansyah ST meminta kepada Pemkot Prabumulih segera melakukan pelebaran Jalan Jenderal Sudirman dikawasan Dusun Prabumulih (Duspra) Kecamatan Prabumulih Barat, yang sudah lama diwacanakan, namun tak kunjung terealisasi karena belum dilakukan pembebasan lahan.

“Kami meminta pemkot untuk mengkaji lagi dan menghitung kembali pembebasan lahan dan pelebaran jalan ditengah duspra. Jangan dibuat seolah-olah Jalan Duspra tidak bisa dibangun,” ujar Apriansyah, Senin (05/10/2020).

Dikatakan politisi partai Golkar ini, Jalan Jenderal Sudirman Dusun Prabumulih tidak dapat dipisahkan dari sejarah asal muasal Kota Prabumulih, sudah sangat layak dilakukan pelebaran jalan. “Perlu kita ingat kembali asal muasal kota Prabumulih adalah dari duspra,” cetusnya.

Menurut Apri,  dengan belum dibangunnya jalan Sudirman menjadi dua jalur di duspra terkesan bahwa masyarakat yang tak mau dibangun. “Padahal tidak, masyarakat duspra sangat pengen jalan itu dibangun. Kami masyarakat asli Prabumulih ingin mempercantik kota, tapi memang mungkin ada kesepakatan yang belum sefaham,” tuturnya.

Oleh karena itu, wakil rakyat ini meminta supaya pemerintah melakukan pendekatan terhadap masyarakat. “Segera dilaksanakan baik perundingan terhadap masyarakat, benturannya apa. Kendala dimana tolong dikaji lagi. Sehingga biaya pembebasan bisa direalisaikan, karena jalan yang lain sudah dua jalur,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menuturkan, saat ini pemerintah kota tengah terkendala anggaran. “Defisit kita seratus tujuh puluh satu miliar, walaupun tahun depan tidak ada bangunan kita alihkan pembebasan masih tidak cukup juga. Duet yang jadi masalah sekarang ini,” ucapnya singkat.

Untuk diketahui, sejak beberapa tahun silam Pemerintah Kota Prabumulih telah mewacanakan pelebaran jalan dikawasan Dusun Prabumulih Kelurahan Prabumulih. Namun wacana tersebut tak kunjung terealisasi, pasalnya belum ada kesepakatan mengenai harga ganti rugi lahan yang terkena pelebaran jalan tersebut. (wan)