1.005 Pelaku Usaha Dapat Bantuan Modal Langsung

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH menyerahkan bantuan modal langsung kepada pelaku usaha, Selasa (06/10/2020). Foto: ozi/Palpos.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro dan menengah yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Muara Enim.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Plh Sekretaris Daerah Amrullah Jamaluddin SE serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Surdin SE, menyerahkan bantuan modal langsung dan bantuan produktif. Penyerahan bantuan turut disaksikan oleh Dandim 0404 Muara Enim, Kabag Operasi Polres Muara Enim dan para camat di Kabupaten Muara Enim.

“Bantuan ini disalurkan kepada 1.005 pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di Kabupaten Muara Enim dan diserahkan secara simbolis kepada 15 orang penerima,” ujar Juarsah disel-sela kegiatan di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Kabupaten Muara Enim, Selasa (06/10/2020).

Plt Bupati menjelaskan, bahwa bantuan ini diberikan sebagai stimulus pemulihan dan penanganan dampak ekonomi khususnya bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dalam keadaan status darurat bencana non-alam pandemi Covid-19.

Para pelaku usaha diharapkan dapat bertahan ditengah lesunya perekonomian melalui modal langsung yang diberikan oleh pemerintah. Bantuan ini telah diamanatkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 01 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah.

“Melalui recofusing anggaran APBD tahun 2020 Pemkab Muara Enim menyalurkan bantuan modal langsung sebesar Rp1 juta kepada 1.005 pelaku usaha agar tetap bertahan guna memperkuat perekonomian masyarakat di Kabupaten Muara Enim,” tegasnya.

Selain dari Dana APBD, Plt Bupati juga menyerahkan Bantuan Presiden Republik Indonesia yaitu Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dengan masing-masing pelaku usaha menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta. “Saya berharap bantuan yang ditransfer langsung ke rekening melalui Bank Sumsel Babel dan BRI ini dapat bermanfaat dan digunakan untuk tambahan modal usaha,” harapnya. (ozi)