11 Wirausaha di Lahat Bakal Terima Kucuran APBN

Cik Ujang, Bupati Lahat. Foto: istimewa

LAHAT, PALPOS.ID – Suntikan dana bantuan untuk wirausaha pemula di Lahat telah dilakukan verifikasi oleh Menteri Koperasi dan UMKM. Nantinya, masing-masing akan menerima Rp10 juta hingga Rp12 juta per Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal itu disampaikan Bupati Lahat Cik Ujang, melalui Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lahat Yahya Edwar SE MM, dari survey pendataan yang sudah dilakukan pihaknya, sebanyak 25 wirausaha pemula diusulkan kepada Kementerian Pusat.

Menurutnya, saat pendataan, wirausaha ini mempunyai syarat seperti mempunyai izin usaha yang dikeluarkan dari kelurahan, laporan keuangan, 3 tahun aktif berwirausaha, mempunyai IUP, NPWP, serta omset usaha tersebut dibawah 50 juta.

Kemudian usahanya mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan sebagai produk mikro kecil, karena wirausaha pemula ini dalam masa pertumbuhan untuk penambahan modal usaha, serta meningkatkan kualitas usahanya,” jelasnya, Selasa (06/10/2020).

Lanjut dikatakannya, saat dilakukan verivikasi oleh Menteri Koperasi dan UMKM kepada 25 UKM rata rata mempunyai usaha kopi, bengkel las, dan lainnya. Namun yang terverifikasi hanya 11 UKM.

“Ada 11 orang wirausaha pemula terverifikasi, dan nantinya dia dapat bantuan dana hibah dari Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM RI. Kisaran yang didapat ada yang Rp. 10 juta, Rp 11 juta, atau Rp 12 juta per UKM,” ungkapnya, Senin (05/10/2020).

Dijelaskannya, dari 11 UKM tersebut, dana yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) sebesar Rp 122 juta. “Saat ini sifatnya masih menunggu petunjuk teknis dari Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM, dan BRI,” ungkapnya.

Menurutnya, dana bantuan untuk wirausaha ini diprediksi cair pada pertengahan atau akhir bulan Oktober 2020. “Jadi nanti dana bantuan ini langsung disalurkan kepada masing masing rekening yang bersangkutan, maka dari itu dihimbau kepada 11 pelaku UKM yang terverfikasi, agar membuat buku rekening BRI,” ungkapnya. (ari)