Belum Terima Gaji, Pegawai Non PNS di Prabumulih Mengeluh

ilustrasi. foto: istimewa/net

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Sejak beberapa hari terakhir sejumlah pegawai non PNS alias PHL (Pegawai Harian Lepas) dilingkungan Pemkot Prabumulih, mengeluh. Pasalnya, para PHL tersebut belum menerima hak mereka berupa gaji bulan September 2020.

“Bagaimana kami tidak mengeluh pak, kami mengandalkan gaji itulah untuk keperluan rumah tangga maupun ongkos ke tempat bekerja sementara sampai sekarang gaji kami belum dibayar biasanya selalu tepat waktu diawal bulan,” ujar salah satu PHL yang enggan menyebutkan namanya.

Dikatakan PHL tersebut, keterlambatan pembayaran gaji itu sangat dirasakan karena saat ini pandemi corona belum juga berakhir. “Segala barang mahal, kita nyari tambahan jualan makanan tidak laku, jadi susah nian kalu gaji lambat,” ucapnya.

FebrHal yang sama disampaikan PHL lainnya ketika dibincangi membenarkan gaji PHL untuk September sudah lewat seminggu belum juga masuk ke rekening. “Kita kan bekerja dulu baru gajian tapi sudah seminggu belum juga, jangan sampai dua bulan atau tiga bulan tidak dibayar susah kita menghidupi keluarga,” tuturnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Prabumulih, H Jauhar Fahri SE Ak mengakui jika gaji PHL belum dibayarkan. “Segera dibayarakan dalam waktu dekat ini,” jawab Jauhar ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp.

Ditanya apa penyebab keterlambatan tersebut, mantan kepala Inspektorat ini mengatakan tidak ada kendala dalam pembayaran gaji PHL. “Insya Allah dak katik (kendala), segera dibayarkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Prabumulih jumlah PHL saat ini sebanyak 4100 orang dan untuk jumlah gaji berpariatif sesuai jenjang pendidikan. (wan)