Gerindra Peroleh Dana Parpol Terbanyak di Pileg 2019

ilustrasi. foto: istimewa/net

BATURAJA, PALPOS.ID – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten OKU, Taufiq Zubir menjelaskan, pada pileg 2019 lalu pihaknya telah membagikan dana buat 12 partai politik (parpol) peraih kursi di perlamen. Dan dari jumlah itu Partai Gerindra OKU memperoleh kucuran dana terbanyak yakni mencapai Rp134,8 juta.

“Total dana yang kita kucurkan adalah sebesar
Rp1.004.172.630. Dari jumlah itu Gerindra sebagai parpol pemenang Pileg 2019 meraih kucuran dana terbanyak, sementara terkecil diterima oleh PBB sebanyak 28,8 juta,” kata Taufiq kepada wartawan, Kamis (08/10/2020).

Dijelaskannya, besaran bantuan dana dari pemerintah diterima parpol bervarasi, tergantung jumlah perolehan suara masing–masing parpol pada pemilihan legislatif. Taufiq mengatakan, dana bantuan parpol untuk pendidikan politik dan menjalankan oprasional partai agar berjalan lancar sesuai tujuan.

Pengelolaan keuangan kepada parpol adalah proses pengurusan, penyelenggaraan, penyediaan dan penggunaan uang dalam setiap usaha kerjasama. Agar tercapainya tujuan partai, proses ini tersusun dari pelaksanan fungsi-fungsi peganggaran, pembukuan, dan pemeriksaan.

Sementara Kabid Politik Kesbangpol OKU, Asmawati SE, mengatakan, 12 parpol yang menerima bantuan itu adalah Partai Nasdem  (3 kursi), Partai Kebangkitan  Bangsa (3 kursi),  Partai Keadilan Sejahtera (2 kursi), serta PDI Perjuangan (3 kursi).

Kemudian  Partai Golkar ( 4 kursi),  Partai  Gerindra (5 kursi), Partai Demokrat ( 3 kursi), Partai Amanah  Nasional (4 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (2 kursi), Partai Hanura  (4 kursi), Partai Bulan Bintang (1 Kursi) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (1 kursi). (eco)