Kembalikan Barbuk Tilang dan Perkara Pidana, Kejari Gandeng Kantor Pos

Kajari Prabumulih dan jajaran serta Kepala Kantor Pos Prabumulih melihat barang bukti perkara tilang dan pidana yang akan dikembalikan kepada pemiliknya, Kamis (08/10/2020). Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Kejari Prabumulih dan Kantor Pos Prabumulih melakukan perjanjuan kerjasama penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) untuk pengembalian atau pengantaran barang bukti (barbuk) perkara tilang dan perkara pidana telah memiliki kekuatan hukum tetap alias inkracht.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Topik Gunawan SH MH dengan Kepala Kantor Pos Prabumulih, Alfiki Hidayat, di Aula Kejari Prabumulih, Kamis (08/10/2020).

Kajari Prabumulih, Topik Hidayat SH MH mengatakan, dengan adanya kerjasama tersebut nantinya masyarakat pelanggar lalulintas (tilang) tidak perlu datang lagi ke kantor kejaksaan untuk mengambil barang bukti perkara tilang maupun perkara pidana.

“Masyarakat tinggal duduk manis di rumah asal alamatnya jelas nomornya yang dituju jelas (barang bukti akan diantar kerumah) kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Topik Gunawan.

Dikatakan Topik, seluruh biaya pengiriman barang bukti tersebut ditanggung oleh kejari Prabumulih. “Pemilik barang bukti sama sekali tidak dikenakan biaya jadi free gratis karena memang untuk biaya pengantaran menjadi beban atau tanggungjawab dari kejari prabumulih,” ungkapnya.

Masih kata Topik, program pengantaran barang bukti melalui kantor pos tersebut akan dimulai pekan depan. “Sebenarnya sudah mulai berlaku hari ini, tapi masih ada yang harus dipersiapkan makanya Insya Allah minggu depan kita action,” tuturnya.

Dijelaskan Kajari, program tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan kejaksaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Dalam kerangka besarnya reformasi birokrasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Kantor Pos Prabumulih, Alfiki Hidayat mengatakan, pihaknya akan berupaya memberikan yang terbaik dalam pengantaran barang bukti tersebut. “Kita akan berupaya tetap sasaran dan tepat waktu, kami sudah menyiapkan armada khusus untuk pengantarannya,” kata Alfiki. (wan)