MAN 1 Muara Enim Gelar Simulasi Akreditasi

Simulasi Akreditasi ini diikuti oleh seluruh guru dan pegawai yang terlibat dalam tim persiapan akreditasi MAN 1 Kota Muara Enim, Senin (12/10/2020). Foto: istimewa

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Untuk Menjamin Peningkatan Mutu Pendidikan dengan akreditasi, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Muara Enim mengelar simulasi akreditas, Sabtu (10/10/2020). Simulasi Akreditasi ini diikuti oleh seluruh guru dan pegawai yang terlibat dalam tim persiapan akreditasi MAN 1 Kota Muara Enim.

“Mereka yang terlibat yaitu guru yang terlibat dalam tim akreditasi akan di tanya dan akan memberikan terkait dengan langkah-langkah pelaksanaan Akreditasi di madrasah,”ujar Deni Ariani, Kepala Madrasah Aliyah Negeri satu Muara Enim.

Deni mengharapkan dengan adanya simulasi ini akan membuat sekolahnya menjadi lebih baik lagi. Menurutnya dalam rangka kesiapan untuk peningkatan akreditasi madrasah maka perlu adanya  pembentukan tim.

“Seperti membuat job discribtion, membagi tugas dengan memenuhi 8 standar (untuk tiap standar usahakan minimal 3 orang), mengerjakan tugas sesuai dengan tugas masing-masing (sistem maping ), ceking dokumen (saling membantu dan melengkapi), melengkapi kekurangan dan simulasi akreditasi,”ungkapnya

Dijelaskannya, ada tiga fungsi akreditasi madrasah yaitu untuk pengetahuan dalam rangka untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kinerja madrasah.

Lalu akuntabilitas agar madrasah mempertanggung jawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat. Serta untuk kepentingan pengembangan madrasah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan hasil akreditasi.

“Jadi akreditasi itu, berhubungan dengan penjaminan mutu pendidikan oleh karenanya akreditasi sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Madrasah Aliyah Negeri satu Muara Enim,” imbuh Deni Ariani. (ozi)