Bisnis Ikan Guppy Cukup Menggoda, Harganya Bisa Mencapai Rp1,5 Juta per Pasang

Pedagang ikan Guppy melayani pembeli

PALEMBANG, Palpos. Id – Memelihara ikan hias di masa pandemi Covid-19 ternyata menjadi salah satu alternatif masyarakat di Palembang untuk menghibur diri.

Selain menghabiskan waktu dengan keluarga, masyarakat yang diimbau untuk tetap di rumah saja akhirnya juga perlahan mencari hiburan baru. Salah satu hobi alternatif yang juga terjangkau yaitu memelihara ikan hias.

Irwandi salah seorang pembudidaya ikan hias mengatakan, memang pada masa pandemi ini banyak masyarakat yang berburu ikan hias, salah satunya ikan Guppy.

“Jadi kalau ibu-ibu berburu tanaman hias, bapaknya berburu ikan hias,” ungkap Irwan saat ditemui, Rabu (13/10/2020).

Tidak hanya dari kalangan anak-anak, orang dewasa juga tak mau kalah dalam memilih ikan hias incarannya untuk dibawa pulang.

“Selama pandemi ini memang malah terjadi peningkatan sekitar 30 persen, perbulannya bisa meraih omzet hingga 10 juta rupiah,” ujarnya.

Ada berbagai macam jenis ikan yang ia jual, diantaranya ikan guppy, albino full red, blue moscow, blonde hb red, hb white, dragon dan japan blue tail.

“Semua jenis ikan laku, tapi yang paling banyak di buru itu ikan guppy,” katanya.

Untuk ikan hias yang ia jual pun bervariasi mulai dari Rp250 ribu, 1,5 juta per pasangnya, tergantung ukuran dan keindahan kulitnya.

Ia menambahkan, untuk perawatan ikan guppy pun tergolong mudah, cukup menjaga kualitas air dengan mengganti air setiap hari serta memberi makanan secukupnya.

” Ikan ini pun bisa tumbuh dengan sempurna, makanannya bisa dari olahan kutu air atau pelet ikan,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pelanggan, Septiyadi mengatakan, memelihara ikan guppy bisa menghilangkan stres dan menjadi hobi baru ketika perusahaan memberlakukan kerja dari rumah.

” Selain perawatannya yang mudah, ikan ini juga asyik diajak bermain dengan ekornya yang mempesona,” tutupnya.(*)