Bunga Telang Memiliki Banyak Khasiat dan Bisa Diolah Menjadi Bahan Makanan dan Minuman Menyehatkan

Hasil olahan ragam makanan dari Bunga Telang

PALEMBANG, Palpos.Id – Heni Martini memanfaatkan Bunga Telang yang berada di pekarangan rumahnya, menjadi berbagai olahan makanan minuman menyegarkan dan tentunya menyehatkan.

Bunga telang sendiri berwarna biru terang yang dalam bahasa Inggris “Butterfly Pea”, atau dalam bahasa latinnya “Clitoria Ternetea”.

“Awalnya saya lihat banyak tumbuhan bunga telang di pekarangan rumah, penasaran, lantas mencari tahu kandungan dan manfaat dari tumbuhan tersebut ternyata banyak manfaatnya, pada akhirnya tercetuslah ide untuk membuat olahan minuman dari Bunga telang,” ujar Heni saat ditemui di kediamannya, Jalan Peternakan No.84 Kelurahan Sei Selincah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang.

Berbagai macam minuman dan makanan yang di kelola oleh Heni antara lain, es bunga telang, puding, dan nasi bakar yang berbahan dari bunga telang.

“Untuk nasi bakar kita jual dengan harga Rp 15 ribu, lengkap dengan tahu tempe dan juga sambel plus lalapan,” katanya.

Selain itu di olah menjadi bahan makanan dan minuman, bunga telang juga memiliki banyak manfaat seperti untuk pengobatan mata, antioksidan yang tinggi, detoksifikasi bahkan untuk memperlancar haid.

“Selain memiliki banyak manfaat bunga telang juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” ucapnya.(*)