Antisipasi Kebakaran, ASN Dilatih Padamkan Api

ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengikuti pelatihan pemadaman api, Jumat (16/10/2020). Foto: ozi/Palpos.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Antisipasi terjadinya kebakaran, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dilatih pemadaman api. Pelatihan dilaksanakan dengan materi pemadaman dimulai dari sesi teori hingga praktek berlangsung di halaman Pemkab Muara Enim, Jumat (16/10/2020).

Diawal pelatihan, regu pemadam kebakaran memberikan pengenalan alat yang dapat digunakan memadamkan api, baik tradisional maupun modern. Alat tradisional meliputi sejumlah kain yang basah hingga alat modern yang biasa kita kenal dengan APAR (alat pemadam api ringan).

Setelah mengenalkan alat, regu pemadam menjelaskan cara memadamkan api dengan dua metode menggunakan dengan karung goni atau handuk basah, tabung APAR. Para peserta tampak semangat dan antusias mengikuti praktek. Walau harus berhadapan api yang panas, dengan percaya diri mereka berlatih pemadaman.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Muara Enim Ir Yulius MSc melalui Kabid Pemadam Kebakaran Amaludin mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk upaya mengantisipasi kejadian kebakaran agar paham apa yang harus dilakukan. “Jika semua penghuni instansi memiliki pengalaman dan pengetahuan bagaimana cara memadamkan api, ini minimal akan mempersempit ruang kebakaran” katanya.

Dijelaskannya, dalam pelatihan tersebut ada dua metode pertama menggunakan dengan karung goni atau handuk basah. Cara tersebut adalah cara tradisional. Namun ada tahapan-tahapan yang perlu diketahui yakni tidak boleh panik, karung goni atau handuk bisa menjadi media sebagai alat untuk memadamkan api.

“Jika terjadi kebakaran di dapur karung atau handuk dibasahkan, kemudian unjung karung atau handuk digulung untuk melindungi tangan dan diangkat sebatas kepala gunanya untuk melindung wajah. Kemudian tutupi kobaran api hingga mengeluarkan asap putih,” jelasnya.

Metode kedua yakni yang biasa kita kenal dengan APAR (alat pemadam api ringan). Caranya cabut pen atau pengunci, setelah itu angkat selang penyemprot ke atas dan tekan pegas pembuka. Jika serbuk kimia kering keluar, alat pemadam api ringan bisa langsung digunakan untuk memadamkan api. (ozi)